Ini 6 Makanan yang Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Naviri Magazine - Sistem imun atau kekebalan tubuh berfungsi menjaga tubuh dari serangan penyakit. Orang yang memiliki kekebalan tubuh bagus cenderung lebih sehat dan tidak mudah sakit, daripada orang yang kekebalan tubuhnya tidak bagus. Karenanya, menjaga kekebalan tubuh sama artinya mencegah penyakit. 

Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, maka kita pun sebaiknya lebih berfokus menjaga kekebalan tubuh kita selagi sehat, daripada mudah terserang sakit. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang difermentasi. Yoghurt mengandung probiotik yang dikenal sebagai bakteri baik. Probiotik membantu sistem pencernaan, dan menurunkan gejala penyakit flu serta pilek. 

Teh hitam dan teh hijau

Teh hitam atau teh hijau mengandung polifenol dan antioksidan yang membantu mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau mampu menghambat replika virus, sehingga membantu tubuh mengatasi pilek dan flu. 

Orang yang mengonsumsi lima cangkir teh setiap hari mampu meningkatkan kadar senyawa dalam tubuh, yang berperan dalam menangkal infeksi virus. 

Bawang putih

Bawang putih tidak hanya mampu mencegah penyakit, namun juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa dalam bawang putih juga dipercaya sebagai agen antivirus dan antibakteri. Penelitian di Inggris menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur bisa mengurangi risiko terserang flu hingga dua per tiga lebih rendah. 

Meski begitu, mengonsumsi bawang putih utuh lebih baik daripada bawang putih dalam bentuk suplemen atau olahan lain.

Buah oranye berdaging tebal

Buah oranye berdaging tebal, semisal labu, ketela rambat, dan lainnya, mengandung betakaroten yang membantu tubuh membentuk vitamin A. Diet betakaroten akan melindungi sistem kekebalan tubuh, dan membantu Anda mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, vitamin A bagus untuk kesehatan kulit, yang merupakan benteng utama masuknya kuman penyakit.

Tiram

Tiram mengandung zinc yang berperan dalam mengembangkan sel darah putih untuk melawan kuman penyakit. Karenanya, banyak orang mencari tiram saat terserang flu. Meski begitu, Anda juga sebaiknya membatasi asupan tiram, sebab konsumsi tiram yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh.

Related

Health 578249336311104859

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item