Ini 7 Makanan yang Bisa Berfungsi sebagai Obat Alami untuk Tubuh


Naviri Magazine - Aktivitas, pekerjaan, dan kesibukan sehari-hari, sering kali menjadi penyebab timbulnya kelelahan atau menurunnya daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh melemah, apalagi ditambah dengan pergantian cuaca yang tidak bersahabat, tubuh kadang mudah terserang berbagai masalah penyakit, dari yang ringan sampai yang berat.

Ketika sakit datang, yang biasa kita lakukan adalah mengonsumsi obat atau menemui dokter yang biasanya juga akan memberikan resep obat untuk sakit yang kita alami. Sayangnya, obat-obatan yang kita konsumsi mengandung bahan kimia yang tidak selalu baik untuk tubuh. Ketika obat-obatan kimia itu semakin banyak dikonsumsi, timbunan bahan kimia dalam tubuh pun semakin menumpuk. 

Untungnya, di sekeliling kita ada makanan-makanan alami yang juga berfungsi sebagai obat. Bahkan makanan-makanan tersebut bisa dijangkau dengan mudah, serta murah. Berikut ini makanan-makanan yang dapat sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita, sekaligus untuk menjauhkan kita dari kemungkinan mengonsumsi obat-obatan kimia.

Pepaya

Pepaya adalah buah-buahan yang mudah diperoleh, murah, namun memiliki fungsi sebagai obat alami bagi tubuh. Pepaya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, C, K, E, potasium, folat, serta serat. 

Berbagai gangguan kesehatan dapat teratasi dengan rutin mengonsumsi pepaya, karena buah itu dapat menangkal penyakit jantung, mengatasi gangguan pencernaan, menyehatkan organ mata, meningkatkan sistem imun tubuh, juga mencegah terjadinya sembelit.

Rambutan

Selain pepaya, rambutan juga relatif murah sekaligus dapat berfungsi sebagai obat alami. Berbagai masalah kesehatan dapat teratasi dengan rutin mengonsumsi buah bulat merah berukuran mini tersebut. Rambutan dapat membantu menyehatkan organ ginjal, menguatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, serta pencegah kanker. 

Tomat

Tomat memiliki kandungan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin A, C, K, folat, kalium, niacin, thiamin, magnesium, fosfor, serta tembaga. Mengonsumsi tomat secara rutin setiap hari dapat membantu menyehatkan organ pencernaan, melindungi kulit dari sinar UV matahari, mencegah kanker dan diabetes, serta menutrisi organ penglihatan Anda.

Jeruk

Jeruk mengandung berbagai zat penting bagi tubuh, semisal D-limonen, hespendin, pectin, magnesium, asam folat, sumber vitamin C, serta antioksidan, yang memiliki fungsi mencegah kanker, menurunkan kadar koleterol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi peradangan, menutrisi organ otak, meningkatkan sistem imun tubuh, serta membantu menangkal berbagai radikal bebas.
    
Timun

Mengonsumsi timun secara rutin tidak akan menguras dompet Anda, karena kenyataannya timun tergolong makanan murah. Namun makanan murah ini punya manfaat besar. 

Timun mengandung berbagai nutrisi penting seperti lignin, vitamin C, serat, kalium, juga magnesium, yang memiliki fungsi menangkal kanker, menguatkan sistem imun tubuh, mengatasi sembelit, membantu mengontrol tekanan darah, serta membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Nanas

Berbagai nutrisi penting terdapat dalam nanas, sehingga buah ini termasuk makanan murah dengan beragam manfaat. Nanas merupakan sumber vitamin A, vitamin C, mineral, mangan, antioksidan, serta enzim bromelain, yang memiliki fungsi menyehatkan organ mata, meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat tulang, membantu kesehatan organ jantung dan pencernaan, serta gusi Anda.
    
Jagung

Makanan murah namun bermanfaat lain adalah jagung. Jagung mengandung berbagai nutrisi seperti serat, magnesium, besi, tembaga, fosfor, asam folat, vitamin C, karotenoid, serta bioflavonoid, yang memiliki peran dalam membantu menyehatkan organ pencernaan, memperkuat kepadatan tulang, menyehatkan organ jantung dan penglihatan, serta membantu menghindarkan diabetes.

Related

Health 8797161703661411230

Recent

item