Inilah 10 Orang dengan Otak Paling Pintar di Zaman Modern


Naviri Magazine - Setiap kali membicarakan orang jenius atau sosok yang memiliki otak sangat pintar, kebanyakan kita akan menyebut Leonardo DaVinci. Kenyataannya, Leonardo DaVinci memang sangat cerdas, dan kehebatan otaknya telah dibuktikan dalam banyak karya yang ia hasilkan. Bahkan, dia bisa meramalkan aneka teknologi yang kelak akan muncul di dunia, jauh sebelum teknologi itu benar-benar ada.

Tapi Leonardo DaVinci hidup di zaman lampau, dan kita tidak sempat menyaksikan sosoknya. Selain itu, orang-orang dengan otak sangat pintar tidak hanya hidup di zaman kuno, namun juga di masa modern. 

Berikut ini adalah sepuluh orang yang diketahui memiliki IQ paling tinggi di dunia, alias mempunyai otak yang luar biasa pintar, yang sosoknya dapat kita lihat langsung, karena mereka hidup di zaman modern.

Stephen W. Hawking 

Stephen Hawking menjadi salah satu orang pintar yang paling dikenal di muka bumi. Berkat berbagai teorinya mengenai jagat raya, ia mendapat pengakuan, tidak hanya dari kalangan ilmuwan tapi juga para pejabat pemerintahan. Makanya tidak heran jika kemudian ia mendapat banyak penghargaan. 

Total ada 14 penghargaan yang diraih semasa hidupnya. Namun, di balik kepintaran yang dimiliki, Stephen Hawking harus menerima kenyataan dirinya menderita penyakit yang membuat seluruh tubuhnya lumpuh, termasuk indra suaranya. IQ Stephen Hawking yang tercatat secara resmi adalah 160.

Kim Ung-Yong 

Di antara semua orang pintar, Kim Ung-Yong mungkin yang paling hebat dengan tingkat IQ paling tinggi di dunia. Setidaknya, hal itu sudah dibuktikan dengan catatan Guiness World Record, dimana mereka mencatat bahwa IQ Kim mencapai 210.

Kepintaran Kim sebenarnya sudah terlihat sejak masih balita. Bayangkan, di usia 2 tahun, ia sudah menguasai 4 bahasa. Di usia 4 tahun, ia sudah mengikuti kuliah. Dan jika kita menganggap rekor itu belum cukup, kita perlu melihat rekor miliknya yang lain, yaitu diundang bekerja di NASA pada usia 8 tahun.

Paul Allen 

Jika kita menganggap Bill Gates sebagai orang pintar, sebenarnya kepintarannya masih kalah dibandingkan pendiri Microsoft yang lain, yakni Paul Allen. 

Paul Allen mendapatkan skor IQ 170. Dibandingkan dengan orang terpintar lainnya, sosok ini bahkan dianggap orang yang paling sukses mengubah kekuatan otaknya menjadi uang dan kekayaan.

Rick Kosner 

Dengan IQ 192, kita mungkin tidak akan mengira Rick Kosner memilih pekerjaan sebagai penulis di TV. Namun, sekali lagi, ia memiliki tingkat kejeniusan di atas rata-rata. 

Yang paling menarik adalah catatan perjalanan karirnya yang pernah menjadi seorang penari striptis, pelayan restoran, dan model telanjang.

Gary Kasparov 

Siapa yang tidak mengenal sosok master catur ini. Walau sempat kalah dalam pertandingan catur melawan komputer jenius, kita pasti tidak ingin melawan kepintaran pria berkebangsaan Rusia ini. 

Dengan IQ 192, Gary Kasparov menorehkan namanya di dunia dengan menjadi juara dunia catur termuda, yakni di usia 22 tahun. Setelah pensiun di tahun 2005, Kasparov kini aktif di bidang politik dan tulis menulis.

Sir Andre Wiles 

Sir Andre Wiles dikenal sebagai pakar matematika di kalangan orang Inggris. Pada 1995, ia menciptakan rumus matematika paling sulit di dunia. Berkat kontribusinya terhadap matematika, pria yang memiliki IQ 170 ini diberi gelar kebangsawanan oleh Ratu Inggris.

Judith Polgar 

Judit Polgar lahir dari keluarga yang tidak biasa. Sang ayah, yang terobsesi pendidikan, membesarkan Judit bersama kakak dan adiknya dalam sebuah penelitian pendidikan. Dan rupanya eksperimen tersebut berhasil. Setidaknya dalam bidang catur. 

Di usia 15 tahun, Judith Polgar mampu mengalahkan Bobby Fisher, dan menjadi grandmaster catur wanita termuda pada saat itu. IQ Judith diketahui mencapai 170.

Christopher Hirata 

Selain dikenal sebagai sosok nerd, Christopher Hirata juga dikenal memiliki otak paling cemerlang. Dengan IQ 225, ia dipanggil bekerja di perusahaan Caltech pada saat usianya baru 14 tahun. Di usia 16 tahun, ia ditarik NASA untuk mengerjakan proyek kolonisasi Planet Mars. 

Terrence Tao 

Tao mulai menunjukkan bakatnya dalam matematika sejak balita, dengan menonton serial anak, Sesame Street. Di usia 2 tahun, usia yang menurut sebagian orang tua masih masa pertumbuhan, Tao sudah bisa melakukan penghitungan matematika dasar. 

Di usia 9 tahun, dia sudah belajar matematika sekelas universitas, sebelum akhirnya resmi meraih gelar Ph.D di usia 20 tahun. Tingkat IQ Tao berada di atas rata-rata, yakni 230.

James Woods 

Sebagian kita mungkin tidak menduga, tapi James Woods memang seorang jenius. Dalam ujian SAT, Woods berhasil meraih nilai sempurna; 800 dalam ujian verbal dan 779 dalam ujian matematika. 

Saat muda, Woods sempat masuk ke universitas ternama di AS, yakni UCLA, dengan beasiswa. Sayang, kesukaannya pada bidang akting membuat pendidikannya terhenti.

Related

Figures 7145437108491436238

Recent

item