Inilah 4 Material Ajaib yang Akan Hadir dalam Kehidupan Kita


Naviri Magazine - Pernahkah kita takjub saat melihat benda-benda di sekitar kita? Saat melihat kantong plastik, misalnya. Pernahkah kita takjub membayangkan bagaimana plastik bisa tercipta? Pernahkah kita membayangkan bagaimana kehidupan di zaman dulu, ketika material plastik belum ada atau belum ditemukan?

Saat ini, kita sudah sangat terbiasa dengan plastik, hingga menganggapnya tak istimewa. Saat membeli sesuatu, kita mendapat plastik untuk pembungkusnya. Saat mengemas sesuatu, kita pun menggunakan plastik. Di masa lalu, apa yang kira-kira dilakukan manusia, ketika plastik belum ada?

Kini, di kehidupan modern, para ilmuwan terus berupaya menemukan material-material lain yang diharapkan dapat membuat dunia lebih baik. Beberapa material berikut ini bisa dibilang ajaib, dan akan segera hadir dalam kehidupan manusia.

Hydrophobic

Pasti kita akan panik kalau barang elektronik kita—semisal ponsel—jatuh ke air, dan tenggelam. Karena khawatir nantinya barang itu akan rusak dan mati total. Para ilmuwan sekarang telah mengembangkan material anti air, yang nantinya bisa menjadi pelindung untuk berbagai spare-part di peralatan elektronik.

Karena sekarang barang elektronik tidak selamanya tahan di air dalam waktu yang lama, dan paling hanya bisa bertahan sekitar 1,5 jam saja. Jadi, mungkin dalam beberapa tahun ke depan, material ini akan ada, dan orang-orang tidak akan khawatir kalau barang elektronik mereka tenggelam ke dalam air.

Material penyembuh

Material ini merupakan salah satu material paling hebat di antara material lain yang pernah tercipta di dunia.

Material tersebut memiliki kemampuan “menyembuhkan diri”, karena di dalamnya terdapat mikro kapsul bakteri, yang berfungsi sebagai penyembuh untuk setiap material.

Misalnya, jika ada tembok yang retak, material ini akan mengisi retakan tersebut dan merekat layaknya sebuah lem.

D30

D30 adalah plastik elastis yang memiliki bentuk sangat tipis, namun memiliki kelebihan luar biasa dalam ketahanan. Plastik ini bisa melindungi setiap barang dari guncangan atau benturan benda-benda yang sangat keras.

Bahkan plastis ini bisa melindungi telur supaya tidak pecah, sehingga benda-benda yang rapuh tidak akan mudah rusak apabila dilapisi material ini.

SF6 

SF6, atau yang lebih dikenal dengan nama sulfur heksaflorida, merupakan gas yang terbilang spesial.

Ketika gas ini dituangkan ke sebuah wadah, sifatnya akan menjadi seperti air. Misalnya, ketika ada objek yang diletakkan di atas gas tersebut, maka objek itu akan terlihat melayang, layaknya berada di permukaan air.

Related

Science 3187422328800635456

Recent

item