Membaca Kepribadian Wanita dari Gaya Selfie


Banyak orang yang suka selfie, khususnya kaum wanita. Dari dulu, kenyataannya, banyak wanita yang suka difoto. Jika di masa lalu aktivitas berfoto mungkin agak ribet, di zaman sekarang jauh lebih mudah. 

Dengan adanya ponsel berkamera, atau bahkan menggunakan kamera digital, siapa pun bisa ber-selfie di mana pun, dengan gaya apa pun, lalu mengunggahnya ke media sosial semacam Instagram.

Ternyata, aktivitas selfie juga bisa digunakan untuk menilai atau menebak kepribadian seseorang. Penelitian dari Brigham Young University, yang ditulis dalam Visual Communication Quarterly, menunjukkan ketiga kepribadian yang berbeda dalam beberapa kategori gaya selfie. 

Tipe-tipe itu adalah autobiographers, communicators, dan self-publicists. 

Seorang tipe autobiographers ber-selfie hanya untuk menunjukkan kejadian seru atau menyimpan momen berharga yang dialami, tanpa menghiraukan respons orang lain. Jadi, jika ia memasang selfie ini di Instagram, ia menunjukkan bisa mengekspresikan diri agar orang lain melihatnya. Akan tetapi, tipe ini tidak mementingkan feedback atau komentar dari orang-orang. 

Sebaliknya, selfie tipe communicators memang mengajak orang terlibat atau membicarakan obyek fotonya. Contohnya adalah orang yang mengambil mirror selfie (selfie di depan cermin) sehingga bisa menunjukkan latar belakang suatu tempat. Contoh lain communicators adalah foto selfie yang bertujuan mengajak voting pada campaign tertentu. 

Terakhir, golongan self-publicist, merupakan orang yang gemar selfie karena senang mendokumentasikan seluruh kehidupan mereka. Salah satu peneliti, Harper Anderson, mengatakan jenis orang dalam kelompok selfie ini paling sedikit di antara tipe lainnya, dan umumnya dilakukan influencer seperti Kim Kardashian. 

“Dalam mendokumentasikan dan membagikan kehidupannya melalui aneka selfie, mereka berharap bisa mempresentasikan ceritanya dalam hal positif,” ujar Anderson, dilansir dari dailymail. 

Related

Psychology 1592352813000377967

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item