Mengenal Geodesi, Ilmu yang Telah Lahir Sejak Zaman Mesir Kuno


Naviri Magazine - Sejak zaman dahulu, ilmu geodesi telah digunakan manusia untuk keperluan navigasi. Secara signifikan, kegiatan pemetaan Bumi sebagai bidang ilmu geodesi telah dimulai sejak banjir sungai Nil (2000 SM) oleh kerajaan Mesir Kuno. 

Perkembangan geodesi yang lebih signifikan lagi terjadi pada saat manusia mempelajari bentuk Bumi dan ukuran Bumi, yang dimulai secara mendalam oleh tokoh Yunani, Erastotenes, yang dikenal sebagai Bapak Geodesi. 

Hingga teknik geodesi kemudian dijadikan sebagai disiplin ilmu akademis di hampir semua negara. Saat ini, dikarenakan kemajuan teknologi informasi, cakupan ilmu geodesi semakin luas.

Saat ini pula, teknik geodesi tidak lagi hanya berhubungan dengan survei dan pemetaan. Perkembangan teknologi komputer digital telah memperluas ruang lingkup keilmuan dan keahlian teknik geodesi. 

Peta telah dikelola sebagai informasi geografis berkomputer. Karena itu pula, dunia internasional telah mengadopsi terminologi baru, yaitu geomatika atau geoinformatika.

Related

Science 7696581607412335952

Recent

item