Mengenal Geologi, Ilmu yang Mempelajari Segala Hal Tentang Bumi


Naviri Magazine - Geologi adalah ilmu yang mempelajari Bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya.

Orang yang mempelajari geologi disebut geolog. Melalui penelitian, mereka telah membantu dalam menentukan umur Bumi yang diperkirakan sekitar 4,5 miliar tahun, dan menentukan bahwa kulit Bumi terpecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak di atas mantel yang setengah cair (astenosfer), melalui proses yang sering disebut tektonik lempeng. 

Geolog membantu menemukan dan mengatur sumber daya alam yang ada di Bumi, seperti minyak bumi, batu bara, juga metal seperti besi, tembaga, dan uranium, serta mineral lainnya yang memiliki nilai ekonomi, seperti asbestos, perlit, mika, fosfat, zeolit, tanah liat, pumis, kuarsa, dan silika, juga elemen lainnya seperti belerang, klorin, dan helium.

Kata “geologi” pertama kali digunakan oleh Jean-André Deluc pada tahun 1778, dan diperkenalkan sebagai istilah yang baku oleh Horace-Bénédict de Saussure pada tahun 1779.

Related

Science 8958227104483353298

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item