Mengenal Mandrake, Superhero Pertama di Dunia Komik


Naviri Magazine - Dunia komik telah melahirkan superhero dalam jumlah sangat banyak, dari Superman, Batman, Spider-Man, Iron Man, X-Men, Panthom, Dare Devil, Hulk, dan lain-lain. Di antara banyak superhero yang saat ini kita kenal, siapakah yang menjadi superhero pertama?

Sebagian orang mungkin mengira Superman sebagai superhero pertama di dunia, mengingat kelahirannya sudah sangat lama, dan dia bisa dibilang paling terkenal. Namun, ternyata, superhero pertama di dunia komik adalah Mandrake.

Bukan berarti Superman kalah kuat dari Mandrake. Tetapi ditilik dari usia rilis, Mandrake memang lebih tua. Situs Syfy Wire, Vulture, dan Comics Alliance, sepakat bahwa Mandrake adalah superhero pertama yang terlahir dalam dunia perkomikan.

Lee Falk adalah komikus pencipta Mandrake The Magician, pada tahun 1924; debut penjualan komiknya dimulai pada tahun 1934, setelah digarap King Features Syndicate. 

Dua tahun kemudian, setelah sukses dengan Mandrake, Lee Falk menciptakan The Phantom, yang kali ini digarap oleh DC Comics. Barulah usai dua jagoan ciptaan Lee Falk itu, tahun 1938 Jerry Siegel dan Joe Shuester menciptakan Superman. 

Sedikit mengulas tentang power, Mandrake dikisahkan mendapat kesaktian magis saat masih bocah di Tibet. Dia mampu berteleportasi, menjadi invisible, menggunakan telekinesis, atau berubah wujud. 

Sedangkan musuh utamanya bernama Luchipor, yang tak lain merupakan guru Mandrake. Agak-agak mirip prolog Batman Begins garapan Christopher Nolan, ya?

Related

Entertaintment 5311621044483561580

Recent

item