Para Penulis yang Mengisahkan Sherlock Holmes Selain Conan Doyle


Naviri Magazine - Sir Arthur Conan Doyle adalah penulis yang menciptakan sosok Sherlock Holmes, yang dikenal sebagai detektif luar biasa dengan kemampuan menakjubkan. Ketika Sir Arthur Conan Doyle wafat, kisah Sherlock Holmes pun selesai.

Sebenarnya, Sir Arthur Conan Doyle pernah ‘menyudahi’ kisah petualangan Sherlock Holmes lewat kisah pertarungan dengan Moriarty, tapi banyak bermunculan protes dari penggemar Sherlock, sehingga dibuat lagi kisahnya lewat ‘The Return Of Sherlock Holmes’.

Sebenarnya, Sir Arthur Conan Doyle menulis berbagai karya yang lain, misalnya sejarah, dan puisi. Tapi ‘kurang peminat’, dan Sherlock Holmes tetap yang tersohor.

Tokoh Sherlock Holmes diciptakan Sir Arthur Conan Coyle, terinspirasi dari Dr. Joseph Bell yang menjadi atasannya saat bekerja di Royal Infirmary of Edinburgh, Skotlandia. Seperti Holmes, Bell dikenal dapat menarik banyak kesimpulan hanya dengan sedikit observasi. 

Akan tetapi, beberapa tahun kemudian, Bell menulis surat kepada Doyle, yang isinya antara lain, "Kau sendirilah Sherlock Holmes, dan kau tahu itu." 

Sir Henry Littlejohn, dosen Kedokteran Forensik dan Kesehatan Masyarakat di Royal College of Surgeons, juga dianggap sebagai sumber inspirasi tokoh Holmes. Littlejohn bekerja sebagai dokter bedah kepolisian dan petugas medis di Edinburgh, yang memberikan jalan bagi Doyle untuk menghubungkan pemeriksaan medis dengan pemecahan kasus

Sir Arthur Conan Coyle juga pernah memecahkan kasus di dunia nyata, dan kisah itu ditulis di buku berjudul Beyond Sherlock Holmes.

Popularitas Sherlock Holmes yang melegenda membuat para penulis lain ingin membuat kisah-kisah lain tentangnya. Misal disandingkan dengan tokoh lain, atau dibuatkan kisah baru. Siapa sajakah para penulis yang mengisahkan petualangan Sherlock Holmes, selain Sir Arthur Conan Coyle? Berikut ini uraiannya.

The Boy Sherlock Holmes oleh Shane Peacock

Ini adalah kisah Sherlock Holmes muda, tapi kelihatannya tidak sinkron dengan Sherlock Holmes dewasa. Sherlock Holmes adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Wilber Holmes, seorang Yahudi dan sangat jenius. Ia sangat menyukai ilmu tentang burung. Ia bercita-cita ingin menjadi profesor, tapi cita-cita itu kandas.

Ibunya bernama Rose Sherrinford, ia seorang bangsawan. Pernikahan mereka tidak disetujui, karena Wilber Holmes seorang Yahudi. Tetapi Wilber Holmes dan Rose Shenrrinford nekat, mereka kawin lari.

Karena hal itu, Rose Sherrinford tidak diakui di keluarga Sherrinford. Mereka berdua akhirnya hidup di dalam kemiskinan, dan tinggal di sebuah flat (semacam kontrakan) di kawasan Southwark, selatan Sungai Thames.

Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street oleh Tracy Mack dan Michael Citrin

Dalam memecahkan kasus, Sherlock Holmes pernah meminta bantuan terhadap beberapa anak jalanan. Alasan Sherlock Holmes mempekerjakan mereka, kerena bisa pergi kemana saja tanpa menimbulkan kecurigaan orang-orang yang sedang diincar Sherlock Holmes. 

Tapi kehadiran mereka sangat sedikit dari beberapa kisah petualangan Sherlock Holmes. Itulah yang mendorong sepasang suami istri dari New York City untuk membuat buku yang fokus ceritanya menampilkan duet Sherlock Holmes dengan beberapa anak jalanan, atau biasa dipanggil Laskar Jalanan Baker Street.

Sherlock Holmes Vs Archy Stillman oleh Mark Twain

Novel ini terbagi dalam dua bagian dengan perkara yang sama, yaitu balas dendam. Bagian pertama menceritakan seorang perempuan dan anaknya yang merencanakan balas dendam atas perlakuan ayah anak tersebut. Ayahnya telah berbuat kejam dengan menyiksa dan membuat ibunya menderita. 

Sementara itu, bagian kedua menceritakan pemecahan kasus kematian salah satu warga di sebuah lokasi kamp pertambangan. Dalam cerita bagian kedua, Sherlock Holmes ditantang seorang detektif amatir, sehubungan dengan kekuatan analisis penyelidikannya.

Sherlock Holmes Versus Kapten Kidd: Misteri Kapten House Boat oleh John Kendrick Bangs

Sherlock Holmes adalah detektif terkenal asal Inggris, juga salah satu ikon detektif dalam dunia fiksi. Sementara Kapten Wiliam Kidd adalah bajak laut terkenal asal Skotlandia, salah satu bajak laut legendaris. Keduanya bertemu dalam sebuah kasus pencurian kapal House Boat oleh Kapten Kidd. Holmes menyelidikinya dalam sebuah kisah menarik.

John Kendrick Bangs meramu novelnya tak hanya berpusat pada dua tokoh saja. Kita akan menjumpai berbagai tokoh sejarah dalam buku ini, dari Nabi Nuh, sampai Napoleon Bonaparte. Legenda bajak laut pun dihadirkan, tak hanya Kapten Kidd, tapi juga Henry Morgan dan Abeuchapeta. 

Sherlock, Lupin & Aku 

Yang dimaksud 'aku' dalam novel ini adalah Irene Adler. Penulis buku ini mengklaim dirinya sebagai Irene Adler, namun tidak jelas apakah memang benar begitu, karena Irene Adler adalah tokoh rekaan. 

Buku ini menceritakan tiga tokoh buatan dua penulis, yakni Sir Arthur Conan Doyle, dengan Sherlock dan Irene, beserta Maurice Leblanc, dengan Lupin. Hampir semua orang kenal Sherlock, detektif cerdas, brilian, dan mengagumkan, juga Irene Adler, wanita kuat dan pemberontak yang bisa dengan mudah melumpuhkan kecemerlangan Sherlock, atau paling tidak menandinginya. 

Sherlock Holmes vs Arsene Lupin oleh Maurice LeBlanc

Dalam buku ini, Maurice Leblanc mempertemukan dua tokoh fiksi kenamaan, yaitu Arsene Lupin dan Sherlock Holmes. Keduanya mengadu kecerdikan dan kecerdasan dalam memecahkan kasus-kasus yang terjadi di Prancis.

Seorang bangsawan Prancis, yang merasa kelimpungan setelah harta berharganya dicuri Arsene Lupin, memutuskan untuk mendatangkan sang detektif terkenal dari Inggris, untuk membantu menemukan kembali benda berharga tersebut. 

Young Sherlock Holmes oleh Andrew Lane

Bercerita ketika Sherlock Holmes masih muda, berumur 14 tahun, dimana rasa keingintahuannya sangat tinggi. 

Pada buku ini, kasus yang terjadi adalah tuduhan pembunuhan ruang tertutup yang dilakukan oleh kakak Sherlock Holmes, yaitu Mycroft. Petualangan demi petualangan pun terjadi, yang dalam hal ini lebih mengarah kepada sisi "aksi" daripada sisi permainan deduksi seorang detektif. 

Pada buku ini juga, kisahnya lebih banyak memuat tentang orang lain daripada sang detektif. Namun, ending yang mengejutkan dengan trik dan kisah yang saling berkaitan tetap menjadi hal yang membuat penasaran. 

Related

Books 8973438100679508631

Recent

item