Penting, Panduan Menghindari Kecelakaan di Jalan Raya


Naviri Magazine - Lebih baik berhati-hati di jalan, sebab kita tidak pernah tahu kapan kecelakaan menghampiri. Dalam sekejap suatu kecelakaan dapat mengubah hidup kita maupun orang lain. Dan, lima puluh persen penyebab kecelakaan adalah pengemudi.

Jadi, bila Anda berada di belakang kemudi, waspadalah dan selalu siaga. Jangan membagi perhatian untuk hal lain, seperti menerima panggilan telepon melalui ponsel, mengobrol atau melihat ke arah lain. Konsentrasi menjadi faktor penting yang menghindarkan kita dari kecelakaan.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk menghindarkan Anda dari kecelakaan di jalan:

Bersikaplah tenang, konsentrasi penuh namun waspada dan jangan tegang.

Beri ruang di seputar mobil, jangan terlalu rapat dengan mobil di sekitarnya. Dengan posisi seperti ini, dalam kondisi tertentu akan cukup ruang untuk menghindar.

Jaga jarak dengan mobil di depan, minimal seukuran satu mobil. Semakin kencang laju mobil, jarak harus semakin renggang. Ini akan memberi ruang pengereman yang cukup, bila terjadi kondisi darurat.

Pastikan mobil dalam kondisi fit. Gangguan kecil pada komponen memperbesar risiko kecelakaan.

Ingatlah selalu the two second role. Artinya, buatlah jarak mobil dua detik dengan yang di depan. Cara menghitungnya gampang. Perhatikan mobil di depan Anda bila melewati sebuah gedung, tiang listrik, jembatan atau apa saja yang bisa dijadikan patokan. Hitung itu sebagai 0 detik. Bila dua detik kemudian Anda melewati patokan itu, berarti jarak Anda aman. Bila kurang dari dua detik, mungkin Anda harus mengurangi tekanan pedal gas.

Beberapa faktor yang biasanya diketahui sebagai faktor utama penyebab kecelakaan adalah:
  • Mengantuk
  • Alkohol atau obat-obatan
  • Sembrono atau ngebut
  • Pengemudi usia lanjut
  • Distraksi dari ponsel, perangkat navigasi, on-board computers
  • Jarak pandang, kondisi pencahayaan, pantulan
  • Sesuatu yang mengejutkan dan mengganggu konsentrasi pengemudi. (Tentu saja, tidak semua kecelakaan disebabkan oleh pengemudi).
  • Menghindari lubang di jalanan

Related

Tips 3418966195507125565

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item