Terkuaknya Misteri Kematian Massal 15 Juta Orang Aztec


Naviri Magazine - Ada banyak tragedi yang pernah terjadi di masa lalu, yang disebabkan oleh berbaga hal, dari bencana alam sampai penyakit menular. Tragedi-tragedi itu umumnya menimbulkan korban dalam jumlah sangat banyak, tidak hanya ribuan namun sampai jutaan. 

Untuk tragedi yang terkait bencana alam, mungkin mudah ditelusuri, karena meninggalkan bekas yang jelas. Namun, tragedi yang disebabkan penyakit menular biasanya agak sulit ditelusuri. Hal itu pula yang terjadi pada tragedi kematian massal 15 juta orang Aztec.

Pada tahun 1545, bencana melanda wilayah Aztec. Orang-orang mulai terserang demam tinggi, sakit kepala, dan pendarahan dari mata, mulut, serta hidung. Kematian umumnya terjadi dalam tiga atau empat hari setelah gejala tersebut.

Hanya dalam lima tahun, sebanyaka 15 juta orang—diperkirakan 80 persen dari populasi—terbunuh dalam epidemi yang oleh penduduk setempat disebut Cocoliztli. Kata itu berarti wabah penyakit dalam bahasa Aztec Nahuatl.

"Cocoliztli adalah salah satu dari banyak epidemi yang mempengaruhi Meksiko setelah kedatangan orang Eropa," terang Ashild Vagene dari University of Tuebingen di Jerman, co-author untuk jurnal ilmiah Nature Ecology and Evolution, dikutip The Guardian.

Penyebab epidemi telah diperdebatkan sejak lama oleh para sejarawan; sekarang dapat ditemukan bukti langsung melalui tes DNA. Tim peneliti dalam jurnal tersebut meyakinkan, bahwa ada jejak bakteri salmonella enterica dari 29 kerangka yang diuji. 

Bakteri ini termasuk varietas Paratyphi C, yang juga diketahui sebagai biang demam enterik atau lebih dikenal dengan sebutan tifus.

Sementara tifus telah menyerang Eropa lebih dulu pada abad pertengahan, salmonella enterica kemudian dibawa orang Spanyol dan hewan peliharaan mereka, saat mulai mengekspansi Meksiko.

"Kami menguji semua bakteri patogen dan virus DNA yang data genomnya telah tersedia," kata co-author Alexander Herbig menambahkan. Mereka pun percaya, tifus adalah kandidat terkuat dan bertanggung jawab atas kehancuran Suku Aztec.

Related

Science 5520989780508032767

Recent

item