Zaman Akhir Trias, Hujan Meteor dan Kepunahan Bumi


Naviri Magazine - Setelah mengalami Zaman Ordovisum yang menandai era kepunahan massal pertama di Bumi, lalu dilanjutkan ke Zaman Devon yang menandai era kepunahan kedua, dan Zaman Perm yang menandai era kepunahan ketiga, Bumi memasuki Zaman Akhir Trias yang menandai periode kepunahan keempat.

Periode ini terjadi sekitar 210 juta tahun lalu, yang dikenal Zaman Akhir Trias. Aktivitas gunung api di Central Atlantic Magmatic Province, mengakibatkan peningkatan gas CO2 secara signifikan.

Pembentukan gunung api di Central Atlantic Magmatic Province terbentuk akibat pecahnya Pangea secara perlahan, dan pemanasan global pun kembali terjadi pada periode yang cukup panjang, berlangsung sekitar 600.000 hingga 8 juta tahun.

Pemanasan global mengakibatkan terumbu karang dan conodont, binatang purba laut yang bentuknya mirip belut yang ada di lautan, mengalami krisis serius. Makhluk hidup yang bergantung pada keberadaan terumbu karang pun mulai terganggu, dan pada akhirnya punah.

Hujan meteor turut mempercepat kepunahan pada periode ini, sehingga sekitar 80% makhluk hidup punah, terutama reptil dan 20% di antaranya hidup di laut.

Beberapa makhluk hidup di darat yang punah pada periode ini di antaranya pseudosuchians, crocodylamorphs, therapids, dan juga beberapa amfibi besar.

Related

Science 4657963613521113416

Recent

item