10 Aktor Kulit Hitam Terbaik dalam Perfilman Hollywood (Bagian 1)


Tidak bisa dikesampingkan, keberadaan aktor kulit hitam dalam suatu film bisa membuat film semakin menarik dan berwarna. Memiliki profesionalitas yang sama dengan aktor kulit putih, sudah sepantasnya para aktor kulit hitam mendapatkan penghargaan yang spesial pula. Inilah 10 aktor kulit hitam terbaik di dunia perfilman Hollywood.

10. Danny Glover

Jika ditanya, siapakah aktor kulit hitam yang paling dihormati di Amerika, pasti banyak orang akan memberikan jawaban yang sama. Dialah Danny Glover, aktor, sutradara, dan juga seorang aktivis. Danny Glover terkenal berkat perannya sebagai Roger Murtaugh dalam film Lethal Weapon, The Color Purple, To Sleep with Anger, Predator 2, dan Angels in The Outfield.

Danny Glover sudah malang melintang di dunia perfilman Hollywood sudah sejak lama. Tidak heran kenapa dirinya bisa begitu dihormati oleh banyak orang. Sebagai aktor, Danny Glover selalu menampilkan yang terbaik dari dirinya. Penampilan Glover yang sangat bagus tersebut membuat penonton ingin menonton filmnya terus menerus.

9. Forest Whitaker

Lahir pada 15 Juli 1961 dengan nama lengkap Forest Steven Whitaker III. Whitaker adalah aktor kulit hitam yang sangat bertalenta dan memiliki kemampuan akting yang mumpuni. 

Kemampuan akting Whitaker semakin terasah di setiap film yang dimainkan olehnya. Beberapa film yang mengasah kemampuan aktingnya seperti Bird, Platoon, Ghost Dog: The Way of The Samurai, dan The Butler. 

Whitaker adalah aktor kulit hitam yang pasti akan menjadi bahan pertimbangan sutradara manapun yang menginginkan filmnya diisi dengan aktor yang berkualitas, Whitaker salah satunya. Whitaker bisa membawa dan memerankan peran apapun dengan bagus. Dirinya termasuk aktor yang sangat selektif dalam memilih peran. Jika tidak menantang, Whitaker tidak akan menerimanya.

8. Paul Robeson

Paul Leroy Robeson, begitulah nama panjang dari aktor kulit hitam asal Amerika ini. Lahir pada 9 April 1896, Robeson adalah seorang penyanyi, aktor, sekaligus orang yang terlibat dengan Civil Rights Movement. Semasa kuliah, Robeson dikenal sebagai pemain rugby yang sangat menonjol. Di luar lapangan, Robeson memiliki suara bass yang sangat bagus.

Meski dirinya telah tiada pada 23 Januari 1976, sosoknya tidak bisa dilupakan begitu saja. Meski di masa dia hidup penuh dengan rasisme, Robeson berhasil mematahkan segala pandangan mirip terhadap orang kulit hitam yang tinggal di Amerika. Selama tampil sebagai aktor, Robeson membuka jalan bagi mereka aktor kulit hitam lain selain dirinya.

7. Sidney Poitier

Aktor kulit hitam berikutnya bukanlah asli orang Amerika. Sir Sidney Poitier adalah aktor Hollywood campuran Afrika-Amerika. Selain dikenal sebagai sosok aktor, Poitier juga merupakan seorang sutradara kelas wahid, penulis buku, dan juga diplomat. 

Pada tahun 1964, Poitier menjadi aktor Afrika-Amerika yang berhasill membawa pulang piala Academy Award dalam kategori aktor terbaik.

Pada tahun 1967, Poitier berusaha untuk mengangkat kaum kulit hitam dalam bermain dalam film To Sir with Love, In The Heat of The Night, dan Guess Who's Coming to Dinner. 

Ketiga film tersebut adalah 3 film yang meraih sukses besar dan berhasil mengangkat ras kulit hitam. Pada tahun 1999, American Film Institute memasukkan nama Poitier dalam daftar aktor klasik Hollywood.

6. Eddie Murphy

Eddie Murphy memang pantas dijuluki sebagai aktor kulit hitam terbaik. Sang aktor dikenal akan kelucuannya. Sang aktor sekaligus standup komedian ini sering tampil dalam acara Saturday Night Live di tahun 80an. Keberadaan Eddie Murphy benar-benar memberikan warna yang berbeda di dunia perfilman Hollywood.

Kemampuan akting Eddie Murphy tidak perlu diragukan lagi. Dirinya beberapa kali masuk nominasi Golden Globe Awards. 

Sang aktor berhasil membawa pulang penghargaan tersebut berkat perannya dalam serial Beverly Hills Cop dan Trading Places. Ingat dengan dokter yang bisa berbicara dengan hewan, Dokter Dolittle? Ya, Eddie Murphy berperan sebagai Dokter Dolittle dalam film Dr. Dolittle.

Baca lanjutannya: 10 Aktor Kulit Hitam Terbaik dalam Perfilman Hollywood (Bagian 2)

Related

Entertainment 6027707861566202960

Recent

item