10 Film yang Membuat Penonton Harus Berpikir Keras (Bagian 1)


Film yang sangat rumit biasanya tidak menarik bagi kebanyakan penonton. Tapi tidak jarang ada orang yang suka dengan film yang memiliki alur cerita yang bisa membuat pusing kepala. Saking ribetnya alur ceritanya, orang harus berpikir keras dan menonton filmnya berkali-kali, untuk bisa mengerti jalan ceritanya. 

Inilah 10 film paling memusingkan kepala yang cocok bagi kalian yang suka berpikir.

10. Pi 1998

Film Black Swan dan Requiem for A Dream disutradarai oleh orang yang sama yakni Darren Afonofsky. Darren Afonofsky telah dikenal sebagai salah seorang sutradara yang suka membuat film yang rumit. Film yang dibuat oleh Afonofsky seringkali membuat penonton harus berputar keras, apa maksud yang ingin disampaikan oleh sang sutradara.

Salah satu film yang cukup membuat orang pusing adalah film berjudul Pi. Tayang pada tahun 1998, film bergenre thriller misteri ini menceritakan seorang ahli matematika yang paranoid, Max Cohen. Max Cohen percaya bahwa ada satu kunci yang bisa mengontrol alam semesta dan ia berusaha mencarinya. Max Cohen ini dikethaui merupakan orang yang suka berdelusi dan memiliki masalah sosial.

9. Donnie Darko 2001

Semenjak rilisnya film Donnie Darko di tahun 2001, total sudah 16 tahun film ini membuat para penonton berusaha menerka tentang apa sih yang dimaksud dengan film ini. Disutradarai oleh Richard Kelly, film ini dianggap sebagai film paling memusingkan dan mengacaukan pikiran penonton yang pernah dibuat oleh Kelly.

Diperankan oleh Jake Gyllenhaal sebagai seorang remaja bernama Donnie Darko. Darko adalah seorang remaja yang berhalusinasi tentang kelinci iblis yang bernama Frank. Frank ini yang membuat Donnie melakukan hal-hal kriminal. Frank juga mengatakan bahwa bumi akan segera hancur. 

Sang sutradara sebenarnya sudah membuat penonton pusing dengan jalan cerita Donnie Darko, ditambah lagi dengan teori lubang cacing yang misterius dan dimensi lain, membuat penonton semakin mengernyutkan dahi.

8. Inception 2010

Christopher Nolan sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menciptakan sebuah film. Semua film yang dibuat oleh Nolan pasti masuk dalam Box Office dan pastinya selalu bisa membuat penonton terkejut akan plot twist yang ada dalam film tersebut. Salah satu karya besar Nolan adalah Inception.

Rilis pada tahun 2010, film yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio ini sukses menjadi film favorit sekaligus film yang membuat otak penonton berpikir keras. Menceritakan kisah Dom Cobb yang diperankan Leonardo DiCaprio, merupakan seorang pencuri yang bisa masuk ke dalam mimpi seseorang dan mencuri rahasia mereka. 

Meski mengerti konsep cerita, entah kenapa ada saja hal yang mengganjal di pikiran. Sangat mengundang niat untuk ditonton berkali-kali.

7. Mulholland Drive 2001

David Lynch adalah sutradara yang luar biasa. Dua film buatannya berhasil masuk dalam daftar film paling memusingkan penonton, kedua film tersebut adalah Eraserhead dan Mulholland Drive. Tapi, yang akan kita bahas pertama kali adalah film Mulholland Drive yang ditayangkan di bioskop pada tahun 2001.

Berkisah tentang seorang wanita yang menderita amnesia setelah mengalami kecelakaan mobil, Rita akhirnya bertemu dengan Betty Elms di apartemennya. Betty Elms adalah seorang aktris muda yang ingin menjadi bintang besar. Rita percaya bahwa dirinya hampir dibunuh, baik Rita dan Elms, keduanya mengalami ilusi yang membuat mereka tidak bisa membedakan mana dunia nyata, mana mimpi. 

Dengan akhir yang tidak terduga, membuat penonton semakin penasaran. Sang sutradara, Lynch, dirinya tidak mengungkapkan maksud dari film buatannya, membiarkan penonton berimajinasi tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam film tersebut.

6. Primer 2004

Film dengan teman time travel memang sepertinya akan terus menarik untuk disimak. Bukan Back to The Future, melainkan film arahan sutradara Shane Carruth yang berjudul Primer. Primer adalah film berbudget minim arahan Carruth yang rilis pada tahun 2004. Meski dengan budget minim, film tersebut cukup bisa membuat penonton harus menontonnya lebih dari satu kali.

Bertahun-tahun setelah penayangan film Primer, banyak orang yang mencoba untuk membahas berbagai macam paradoks yang ada dalam film tersebut. Mengisahkan 2 orang insinyur jenius yang secara tidak sengaja menciptakan sebuah mesin waktu. 

Terobsesi dengan mesin waktu tersebut, dua insinyur tersebut mulai menjelajah waktu. Terlalu asyik bermain-main dengan waktu, kedua insinyur tersebut secara tidak sadar sudah merusak waktu dan harus bersiap menanggung resiko atas aksi mereka.

Baca lanjutannya: 10 Film yang Membuat Penonton Harus Berpikir Keras (Bagian 2)

Related

Film 4645456404492925586

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item