10 Film yang Membuat Penonton Harus Berpikir Keras (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (10 Film yang Membuat Penonton Harus Berpikir Keras - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. Eraserhead 1977

Sebelumnya sudah dibahas film Mulholland Drive arahan sutradara David Lynch, kini saatnya membahas film buatan Lynch lainnya yakni Eraserhead. Tayang lebih dulu ketimbang Mulholland Drive yakni 1977, Eraserhead jauh lebih memusingkan dan membuat kalian yang menontonnya harus berpikir keras.

Eraserhead menceritakan seorang pria bernama Harry Spencer yang menikah dengan seorang perempuan yang dicampakkan dalam kondisi hamil. Sang istri kemudian melahirkan seorang bayi mutan, campuran manusia dan reptil yang misterius. 

Untuk menambah sakit kepala penonton, Eraserhead menampilkan beberapa keanehan lain seperti ayam yang bisa menyemburkan darahm sel sperma raksasa, dan seorang perempuan yang tinggal di sebuah radiator.

4. Memento 2000

Jauh sebelum film Inception, Christopher Nolan sempat membuat satu film yang bisa dikatakan sebagai film terbaiknya. Sama-sama membuat pusing kepala seperti Inception, film yang diciptakan oleh Nolan pada tahun 2000 ini diberi judul Memento. Dimainkan oleh Guy Pearce dan Carrie Anne Moss.

Guy Pearce memerankan seorang pria bernama Leonard Shelby, seorang pria yang berkeinginan untuk menangkap pembunuh istrinya. Yang jadi permasalahan adalah, Leonard Shelby menderita amnesia yang cukup parah dimana dirinya tidak bisa mengingat apa yang baru saja terjadi. 

Ada banyak plot yang terjadi begitu tahu bahwa Leonard menderita amnesia. Benarkah istrinya dibunuh oleh orang lain? Mungkin Leonard sendiri pembunuhnya. Atau, Leonard sudah menangkap pelaku dan membunuhnya tapi dirinya lupa.

3. Solaris 1972

Rusia memiliki seorang sutradara yang jago dalam membuat film rumit. Sutradara tersebut bernama Andrei Tarkovsky. Film-film yang diciptakan Takovsky diyakini bisa membuat penonton terbius dan merasakan masuk ke dalam dunia imajinasi yang tidak akan ada habisnya. Dan, salah satu karya masterpiecenya adalah Solaris.

Solaris arahan Tarkovsky bergenre fiksi ilmiah, menceritakan seorang psikolog yang diberi misi untuk menggantikan ilmuwan yang bekerja di sebuah stasiun luar angkasa. Sesampainya di stasiun, sang psikolog menemukan banyak ilmuwan yang menjadi gila. 

Tidak lama kemudian mereka mendapat kontak dari alien misterius dengan intelektual yang tinggi. Terdengar simpel, tapi Tarkovsky mengisyaratkan ada pesan tersembunyi dalam Solaris bila penontonnya jeli.

2. The Matrix Trilogy 1999 & 2003

Film The Matrix bukanlah film biasa. Dibagi menjadi 3 yaitu The Matrix tahun 1999, The Matrix Reloaded tahun 2003, dan The Matrix Revolutions tahun 2003. Ketiga film yang disutradai oleh Lana Wachowski dan Lily Wachowski tersebut benar-benar sukses membuat kita yang menontonnya kesulitan menebak cerita sebenarnya dari The Matrix.

Diperankan oleh Keanu Reaves sebagai Thomas A. Anderson, seorang pria yang hidup di 2 dunia. Di siang hari bekerja sebagai seorang programmer, sedangkan malam harinya menjadi seorang peretas bernama Neo. Neo yang selalu mempertanyakan tentang kehidupan, bertemu dengan peretas legendaris, Morpheus. 

Sejak pertemuan tersebut, Morpheus membawa Neo ke dalam dunianya yang dianggapnya sebagai "Dunia Nyata". Di dalam dunia tersebut, Neo harus bertempur dengan super komputer yang memiliki misi untuk menguasai dunia. Benarkah dunia yang dijalani oleh Neo tersebut merupakan dunia nyata?

1. 2001: A Space Odyssey 1968

Film yang paling paling membuat penontonnya berpikir keras dan harus menontonnya berkali-kali adalah film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick, 2001: A Space Odyssey. Film ini dibuat berdasarkan novel karangan Arthur C. Clarke. Film klasik, tapi dengan adegan dan visual yang luar biasa.

Mengisahkan sebuah perjalanan luar angkasa yang dilakukan oleh sejumlah astronot. Suatu ketika, pesawat yang mereka kendarai, komputernya mengalami keanehan. Sistem komputer yang diberi nama Hal tersebut mulai bertingkah aneh. Membuat kapal dan seisinya melakukan perjalanan menembus angkasa dan waktu.

Related

Film 6470772461601129853

Recent

item