10 Scam atau Penipuan di Facebook yang Harus Diwaspadai


Scam alias penipuan yang terjadi lewat internet makin marak terjadi, termasuk di situs jejaring sosial Facebook. Sayangnya, masih banyak pengguna Facebook yang lengah dan terjebak penipuan tersebut karena tidak tahu.

Apa saja scam yang perlu diwaspadai pengguna Facebook? 

1. Profile Viewer dan Profile Blocker

Scam ini ngakunya bisa menunjukkan siapa-siapa saja yang mengintip profil kita di Facebook dan siapa yang memblokir kita dari Facebook. Eit, jangan sampai terjebak. Tidak satupun dari kedua aplikasi itu yang menepati 'janji'. 

Pihak Facebook sendiri juga tidak pernah memberikan akses data yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi kepada siapapun.

2. iPad & iPhone gratis 

Jangan percaya pada iklan-iklan yang berisi ajakan mencoba iPad dan iPhone, lalu iPad dan iPhone-nya boleh dimiliki gratis. Menurut Eset itu hanya trik marketing saja untuk menjebak korban. Dan ingat, scam seperti ini tidak hanya mengatasnamakan produk Apple saja tetapi juga produk gadget lain.

3. Gratis Facebook Credit

Scam ini menyasar para gamer Facebook. Credit yang dimaksud digunakan untuk membeli item-item di Farmville, Cityville, dan lain-lain. Untuk bisa mendapatkan credit tersebut kita harus membayar sejumlah uang, jadi secara logika tidak mungkin credit itu diberikan gratis begitu saja.

4. Produk, Voucher dan Tiket Gratis

Jangan mudah percaya dengan tawaran iming-iming gratis di Facebook. Kalau kelihatannya mengada-ada lebih baik tidak usah diklik. Iklan Tiket atau Smartphone murah yang mengaku dari Batam adalah scam yang populer di kalangan Facebookers Indonesia. Jangan mudah terpedaya dengan harga murah.

5. Foto dan Berita-berita Menghebohkan 

Berita menghebohkan bisa ada setiap waktu, jadi jangan terkecoh. Scammer suka menipu korban yang tidak waspada dengan janji-janji bertajuk "liputan ekslusif" seperti tentang foto-foto seksi artis, kasus pidana yang menjerat.

6. Upaya Phishing untuk Mencuri Data Login

Ketika scammer berhasil mendapatkan data login, ia akan melakukan segala macam yang merugikan hingga akhirnya kita sadar akun kita sudah diobok-obok. 

Notifikasi yang kita terima seakan-akan langsung berasal dari pihak Facebook Security sudah umum dijadikan sebagai tipuan. Cara ini juga menjadi bagian dari modus kejahatan internet secara luas tidak hanya di Facebook.

7. Fitur Baru atau Bonus Fitur di Facebook

Tombol "dislike", aplikasi untuk mengganti warna di Facebook, maupun aplikasi untuk melihat siapa yang mengubah status pertemanan menjadi unfriend, adalah beberapa contoh scam yang banyak beredar. 

Fitur tipuan ini juga bisa berasal dari situs lain. Alih-alih mendapat aplikasi fitur menarik, malah komputer disusupi adware dan malware yang biasa disertakan dalam plugins. Karena itu, install aplikasi dan ekstensi hanya dari developer yang terpercaya saja.

8. Tipuan Headline Berita

Para scammer juga sering memancing korban dengan berita yang tidak jelas di Facebook, dengan judul berita yang dibuat semenarik mungkin seperti diawali "OMG" atau "Heboh". Scam ini biasanya akan diikuti dengan permintaan user mengisi survey atau video tipuan. Contohnya Ingat berita tentang Gelombang Tsunami Fukushima di Jepang?

9. Cerita Hoax tentang Artis dan Orang Terkenal

Berita gosip juga sering dipakai untuk memancing oleh para scammer, mengangkat berita kematian artis atau atau orang terkenal. Contohnya berita tertembaknya Osama bin Laden dan berita lain yang sensasional cukup ampuh untuk menipu penggemar gosip. Cara ini menyebar sangat cepat karena umumnya user men-sharenya lebih dahulu sebelum ia membaca dan memverifikasi kebenaran berita.

10. Permintaan Bantuan dan Butuh Uang

Jika suatu saat Anda dapat berita dari teman yang berisi pesan bahwa mereka terdampar di sebuah tempat di luar negeri, jangan terburu-buru pergi ke bank untuk mentransfer uang. Kemungkinan akun Facebook teman Anda telah dibajak oleh pelaku scam.

Related

Internet 4970960018781399971

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item