10 Sinetron yang Sudah Promo tapi Malah Batal Tayang (Bagian 1)


Ada fenomena unik di industri sinetron Indonesia. Sinetron yang promo alias trailer-nya sudah muncul di stasiun TV, bisa saja tidak jadi tayang. Jika rating mendadak drop, jangan kaget jika sinetron yang Anda ikuti mendadak tamat.

Tak ada yang bisa memastikan nasib suatu sinetron. Termasuk sinetron baru yang akan segera tayang. Sinetron yang promonya sudah muncul di TV, belum tentu nantinya tayang.

Ada beberapa sinetron yang “beruntung”. Seperti sinetron komedi-religi Dikejar Surga (2011). Promonya gencar tayang di RCTI menjelang Ramadhan. Namun ketika stasiun TV swasta tertua itu menggelar konferensi pers seputar acara Ramadhan, tidak ada sinetron yang dibintangi Nina Zatulini dan Reuben Elishama itu.

“RCTI punya rencana lain, yang jelas sinetron Dikejar Surga bukan buat Ramadan,” terang Rudy Ramawy yang saat itu masih menjabat sebagai Direktur Program dan Produksi RCTI. Beberapa minggu kemudian, sinetron produksi Lunar Films itu malah tayang di MNCTV. 

Hal yang kurang lebih sama terjadi pada Ranum (2011). Promonya terlanjur gencar tayang di Indosiar. Namun karena perubahan manajemen di Indosiar, yang ternyata memiliki perbedaan visi dan misi dengan MD Entertainment selaku rumah produksi, sinetron Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu itu akhirnya tayang di MNCTV.

Ada juga Mimo Ketemu Poscha (2012). Kasusnya sedikit berbeda. Ketika syuting tahun 2010 silam, promonya memang belum tayang. Tapi sudah ramai dibicarakan di dunia maya. Karena dibintangi Agnes Monica. Dua tahun berlalu, tiba-tiba sinetron produksi SinemArt ini tayang di RCTI! Bahkan penulis skenarionya sudah berganti rumah produksi saat sinetron ini tayang.

Sebaliknya, banyak sinetron yang nasibnya tidak beruntung. Promonya sudah gencar muncul di TV, si artis sibuk promo di jejaring sosial, penggemar sudah menantikan, eh, batal tayang. Berikut 10 sinetron yang sudah promo tapi malah batal tayang.

1. Santriwati Simelekete

Kesuksesan Islam KTP dan Pesantren & Rock n Roll di SCTV, agaknya membuat RCTI tergoda menayangkan sinetron komedi religi. Sekitar April 2011, beredar promo sinetron Santriwati Simelekete yang dibintangi Rachel Amanda dan Putri Titian. 
 
Berbulan-bulan promo dengan label “segera”, promo Santriwati Simelekete sempat menghilang. Tak lama muncul promo yang masih menampilkan Amanda dan Tian, dengan judul Putri Simelekete. Namun setelah di-revisi, sinetron ini tetap tidak tayang. Tian malah bergabung di Putri Yang Ditukar, sedang Amanda pindah ke MD untuk sinetron Si Miskin dan Si Kaya. 
 
Santriwati Simelekete seharusnya juga menjadi debut sinetron Aliff Ali, adik kandung Miller yang pernah membintangi film layar lebar Heart 2 Heart. Maret 2012, cowok asal Malaysia ini dideportasi karena izin tinggalnya habis.

2. Kamila Penuh Hidayah

Sinetron Kemilau Cinta Kamila (KCK) bisa dibilang salah satu sinetron sukses tahun 2010. Dibagi menjadi 4 musim. Tapi jeda antar season pendek. Jarak antara season 1 dan 2 hanya sekitar 2 minggu. Season 2 ke season 3 malah tak pakai break.
 
 Paling lama adalah rehat antara season 3 dan 4 yang mencapai 2 bulan. Entah karena break terlalu lama atau jam tayangnya yang berubah lebih awal, KCK musik 4 yang diberi sub-judul Cinta Tiada Akhir ratingnya tak seprima pendahulunya.
 
Baru 11 episode, KCK 4 break dan dijanjikan berlanjut ke musim 5. Promo musim ke-5 hadir dengan sangat Islami. Judulnya sempat 3 kali berubah; Kemilau Cinta Kamila, Penuh Hidayah, Kamila Penuh Hidayah, dan Hidayah. Meski demikian perjalanan Kamila Regina Putri tak dilanjutkan.

3. Aura

Aura Kasih dikenal sebagai salah satu pemeran pendamping dalam sinetron Dewa (2011). Namun jauh sebelum itu, pelantun “Mari Bercinta” sebenarnya pernah mendapat kesempatan bermain sinetron sebagai pemeran utama. Pada Oktober 2009 promo sinetron berjudul Aura mulai muncul di RCTI.
 
Di sinetron itu Aura dipasangkan dengan Fachri Albar. Tapi, promo yang belum diberi lagu tema itu mendadak raib. Padahal, Aura bukan sembarang sinetron. 
 
Sutradaranya adalah John De Rantau, yang dikenal sebagai sutradara film layar lebar Denias, Senandung di Atas Awan, Obama Anak Menteng, dan Semesta Mendukung.

4. Memori Cinta

Karakter yang dibawakan Rianti Cartwright – Shandy Syarief – Dinda Kanyadewi terlibat cinta segitiga dalam sinetron ini. Promonya mulai menyapa pemirsa Indosiar di pertengahan 2011, hampir bersamaan dengan promo Ranum. 
 
Sama halnya dengan Ranum, perubahan manajemen di Indosiar membuat sinetron yang ketika promo belum ada judul ini batal tayang ini. 
 
Bedanya, Ranum langsung pindah ke MNCTV. Sementara “Memori Cinta” tidak terdengar lagi kabarnya.

Baca lanjutannya: 10 Sinetron yang Sudah Promo tapi Malah Batal Tayang (Bagian 2)

Related

Entertainment 7426393694551556943

Recent

item