12 Fakta Menarik Seputar Venom yang Perlu Kita Tahu


Venom adalah salah satu musuh Spiderman dalam semesta Marvel. Sosok ini digambarkan menggunakan kostum mirip Spiderman, namun berwarna hitam. Selain itu, Venom juga memiliki kekuatan seperti yang dimiliki Spiderman. Karenanya, sebagian orang bisa jadi menganggap Venom sebagai “Spiderman versi jahat”.

Sosok Venom pernah muncul dalam film Spiderman 3, dan melalui film itu pula penonton film bisa mengenali sosoknya lebih dekat. Kini, Venom akan dibuat sebagai film tersendiri, yang hanya akan menceritakan tentang dirinya. Tokoh Venom akan diperankan oleh Tom Hardy, dan para penggemar Marvel sudah tak sabar ingin segera menyaksikannya.

Jika tidak ada perubahan, film Venom akan tayang di bioskop pada Oktober mendatang. Sebelum menonton filmnya, berikut ini fakta-fakta menarik seputar Venom yang perlu kita tahu.

Kostum Venom

Sekilas, Venom terlihat seperti Spiderman dengan kostum berwarna hitam. Apa yang membedakannya? Substansi kostum symbiote Venom adalah ras alien yang berasal dari planet Klyntar.

Di tempat asalnya, symbiote Venom dipenjara oleh kaumnya sendiri, karena dapat merasuki dan mengendalikan orang-orang untuk berubah menjadi jahat dan buas.

Kekuatan Venom

Ketika Venom masuk ke dalam tubuh orang lain, ia menjadi sangat kuat. Sama halnya yang terjadi pada Eddie Brock, symbiote Venom memberikan kekuatan, daya tahan, dan refleks yang luar biasa.

Brock juga mendapat semua kemampuan Spiderman, termasuk menembakkan jaring symbiote, dan kemampuan untuk menghindari "spidey sense" yang membuatnya tidak dapat dilacak oleh Spiderman. Venom juga dapat membuat senjata dengan cepat.

Kelemahan Venom

Venom bisa menjadi karakter yang tangguh, namun ia juga memiliki kelemahan. Venom sangat rawan dengan serangan gelombang suara. Ketika mendengar sesuatu yang tidak disukai, ia akan merobek dirinya dan keluar dari inangnya, untuk menjauh dari suara tersebut.

Kelemahan lainnya adalah api, jika Venom terpapar api cukup lama, symbiote akan meninggalkan inangnya, dan pergi untuk sesaat. Ini adalah cara bagi Spiderman untuk mencoba beragumentasi dengan Brock agar menghentikan pikirannya yang jahat.

Ide Karakter Venom 

Kepala editor komik, James Shooter, pernah mendapat surat dari penggemar yang memberinya ide untuk menciptakan Venom. Atas dasar itu, Marvel mengadakan sebuah kontes untuk ide kostum Venom. 

Pemenangnya adalah Randy Schueller, yang memberikan ide agar Reed Richards (Mister Fantastic) menciptakan kostum hitam pekat dan terbuat dari molekul yang tidak stabil (kostum Spiderman 3), yang dapat meningkatkan kemampuan Spiderman sebesar 25%.

Inang Venom

Tom Hardy akan memainkan peran Eddie Brock dalam film Venom. Eddie Brock memiliki sejarah panjang dalam Marvel Comics. Ia telah menjadi bagian dari komik sejak 1986, meskipun tidak pernah menjadi karakter utama. 

Brock yang tidak memiliki kekuatan super ini membenci Spiderman dan Peter Parker. Saat Spiderman berhasil melepaskan setelan berwarna hitam (yang dibuat Reed Richards), Brock adalah orang pertama yang mencoba, dan menjadi terkenal di komik setelah itu.

Musuh Utama Venom

Symbiote Carnage adalah musuh utama Venom dalam komik. Carnage adalah symbiote hasil pembelahan Venom, sehingga orang yang dirasuki Carnage mempunyai kekuatan yang mirip Venom, bahkan lebih kuat.

Inang Carnage adalah Cletus Kasady, seorang pembunuh yang pernah berada satu sel dengan Eddie Brocks (Brocks sempat ditangkap ketika Venom tidak lagi menguasainya). Tanpa disadari, Venom pun datang merasuki Brocks, dan berhasil kabur dari penjara. 

Pada saat itulah ada bagian sel Venom yang membelah diri, dan masuk ke aliran darah Cleatus Kasady, mengubahnya menjadi Carnage yang lebih ganas dan berbahaya (karena sifat asli inangnya yang sudah jahat sejak awal).

Pemilihan Pemeran Venom

Film Venom akan menjadi penampilan kedua Venom dalam film. Para penggemar berharap pemeran Venom dapat berperan dengan baik, tidak seperti pertama kali muncul di Spiderman 3. 

Mereka tidak menyukai akting dari Topher Grace yang buruk, dan dianggap sebagai pilihan yang tidak pas. Apakah Tom Hardy mendapat apresiasi dari para penggemar? 

Venom pernah menjadi bagian The Guardian Of The Galaxy

Symbiote Venom sebenarnya diciptakan untuk kebaikan, bukan kejahatan. Awalnya digunakan oleh Flash Thompson, mantan pem-bully Peter Parker, yang kehilangan kakinya saat perang di Irak. 

Dalam komik, ia menggunakan symbiote Venom untuk memungkinnya berjalan, tetapi hanya bisa mengenakan symbiote selama 48 jam dalam satu waktu, jika lebih dari itu ia akan menjadi gila. 

Ketika memakai symbiote, ia menjadi Agen Venom dan pernah bertarung bersama The Guardian of the Galaxy sebagai anggota rahasia Avengers.

Venom buatan Manusia

Ada versi Venom yang dibuat manusia di laboratorium. Dalam Ultimate Marvel Universe, Peter Parker dan ayah Eddie Brock menciptakan symbiote di lab untuk menyembuhkan kanker. Versi mana yang akan digunakan dalam film Venom? Tunggu saja setelah filmnya rilis.

Tidak ada Spiderman di film Venom

Karena merupakan film solo Venom, kehadiran Spiderman dimungkinkan tidak ada di film ini. Lalu apakah ada karakter dan alur cerita selain Carnage? Para penggemar berharap Tom Hardy mampu melakukan sesuatu yang hebat, dan menggambarkan karakter yang badass dibandingkan Topher Grace.

Venom adalah seorang perempuan

Mungkin kalian terkejut dengan fakta ini, tapi Venom semestinya adalah perempuan. Penulis Spiderman, David Michelinie, ingin karakter Venom menjadi seorang wanita yang lebih cocok dengan sifat sensitif dan marah. Namun, hal itu ditolak pihak Marvel, dengan alasan bahwa Venom laki-laki lebih menarik untuk dijadikan penjahat.

Kelemahan Eddie Brock, kekuatan Venom

Eddie Brock menderita kanker yang membuat tubuhnya melemah. Namun, dengan adanya Venom, symbiote ini memakan sel adrenalin yang dihasilkan kanker, yang justru membuat Venom lebih kuat. 

Dengan kata lain, adanya Venom di tubuh Brock akan membuat sel kankernya mati. Namun, setelah symbiote Venom lepas, kankernya kembali tumbuh.

Related

Entertainment 3963198510585014427

Recent

Hot in week

item