5 Cara Efektif Merontokkan Karang Gigi yang Membandel


Karang gigi jangan dibiarkan begitu saja. Sebaliknya, kondisi ini perlu perhatian khusus, supaya tidak memicu kerusakan gigi yang lebih parah. Namun, jika sudah terlanjur menebal dan mengeras, kamu jangan panik. Pasalnya, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk merontokkan dan menghilangkan karang gigi, mulai dari cara sederhana yang bisa dilakukan sendiri hingga ke dokter.

Karang gigi sejatinya adalah plak yang mengeras. Plak merupakan lapisan bening dan lengket yang terbentuk ketika bakteri di dalam mulut bercampur dengan air liur dan sisa-sisa makanan.

Karang gigi dapat muncul di sela-sela gigi, serta di atas atau di bawah garis gusi. Bila diraba menggunakan lidah, teksturnya cenderung kasar. Karang gigi dapat dilihat dengan mata telanjang, berwarna putih kekuningan atau putih kecokelatan. Semakin gelap warna karang, artinya plak yang menumpuk semakin banyak dan menebal.

Seiring waktu, karang gigi yang dibiarkan terus dapat membuat tampilan gigi jadi tidak menarik dipandang. Bukan hanya itu, kondisi ini pun dapat meningkatkan risiko mengalami berbagai masalah mulut di kemudian hari. Mulai dari bau mulut, gigi surut, radang gusi (gingivitis), gigi berlubang, hingga penyakit gusi yang serius.

Cara Merontokkan Karang Gigi 

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk merontokkan dan menghilangkan karang gigi yang sudah menebal dan membandel. Berikut daftar lengkapnya:

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merontokkan karang gigi adalah memperbanyak makan buah dan sayuran. Ini karena buah dan sayuran membantu meningkatkan produksi air liur. Sementara air liur berfungsi membilas kotoran, sisa-sisa makanan, hingga bakteri di dalam mulut.

2. Gunakan Baking Soda

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif mengurangi jumlah plak. Tidak hanya efektif, cara merontokkan karang gigi satu ini juga diklaim aman untuk dicoba.

3. Kumur dengan Minyak Kelapa

Bila punya stok minyak kelapa murni di rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara merontokkan sekaligus menghilangkan karang gigi. Ini karena minyak kelapa mengandung antioksidan dan asam laurat yang dapat membantu membasmi bakteri jahat di dalam mulut. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 5-10 menit.

4. Flossing Gigi

Plak yang masih tipis juga dapat dihilangkan dengan membersihkan gigi menggunakan benang, alias flossing. Bersihkan gigimu menggunakan benang gigi setiap selesai menggosok gigi. Benang gigi membantu merontokkan plak dan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, yang sulit dijangkau dengan sikat biasa.

5. Scaling di Dokter Gigi

Bila karang gigi sudah terlanjur menebal dan menumpuk, tidak ada cara lain yang lebih efektif untuk menghilangkannya selain pergi ke dokter gigi. Dokter gigi akan menggunakan alat khusus bernama ultrasonic scaler untuk merontokkan karang yang ada di sela-sela gigi maupun bagian garis gusi. 

Lamanya proses pembersihan karang menggunakan ultrasonic scaler ini bervariasi, tergantung tingkat keparahan karang yang terbentuk. Semakin tebal dan keras karang, proses pembersihannya juga akan memakan waktu.

Related

Health 596025506596331829

Recent

item