5 Hewan yang Dianggap Pembawa Sial, dari Kucing sampai Laba-laba


Naviri Magazine - Setiap bangsa memiliki kebudayaan dan kepercayaan sendiri. Bangsa Mesir kuno, misalnya, sangat menghormati kucing, karena menganggap kucing sebagai hewan mulia. Sebegitu tinggi penghormatan orang Mesir kuno pada kucing, sampai mereka menjatuhkan hukuman mati pada siapa pun yang diketahui membunuh kucing.

Namun, beda Mesir beda pula kebudayaan dan kepercayaan yang tumbuh. Di tempat lain, misalnya di sebagian wilayah Amerika dan Eropa, kucing justru dijauhi, khususnya kucing hitam, karena dianggap sial atau pembawa bencana. Terkait hal itu, berikut ini adalah hewan-hewan yang masih dianggap sebagai pembawa sial di sebagian tempat. Tentu saja kita boleh percaya atau tidak.

1. Aye-aye

Dari wujudnya, hewan tersebut sudah tampak mengerikan. Konon katanya aye-aye merupakan jelmaan siluman. Dan dari struktur tubuhnya, ia seperti koala namun jari-jari tanganya lebih besar kecuali jari tengah. Konon, jari tengah aye-aye dapat menembus perut dan menusuk jantung manusia. Karena hal itulah aye-aye diburu banyak manusia.

2. Kucing hitam

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan manusia. Tapi kalau kucing hitam, orang Eropa-Amerika jarang memilikinya untuk dipelihara, karena mempercayai kalau kucing hitam dapat membawa kesialan. Dalam kepercayaan Jawa kuno, jika ada kuburan atau orang mati lalu jasadnya dilompati kucing, maka arwahnya akan hidup kembali.

3. Burung hantu

Hewan nokturnal ini dikabarkan juga membawa kesialan. Hewan yang mampu memutar 180 derajat kepalanya tersebut dicap sebagai hewan sial oleh orang-orang Romawi. Karena dahulu kaisar-kaisar Romawi mati keesokan setelah malamnya didatangi oleh burung hantu.

4. Anjing

Anjing merupakan hewan peliharaan di sebagian besar benua Eropa dan Amerika. Tapi dalam kepercayaan Mesir Kuno, anjing dianggap sebagai dewa kematian atau Anubis; manusia berkepala anjing. Dewa ini mengantarkan manusia ke dalam kematian, dan membangkitkan manusia dari kehidupan. Dalam kepercayaan Mesir kuno, dewa anjing merupakan pembawa kematian.

5. Laba-laba

Hewan yang tergolong dalam jenis insecta ini memiliki 6 kaki. Laba-laba dianggap pembawa sial, karena konon jika kita bertemu laba-laba dalam mimpi berarti akan ada “sesuatu” saat bangun tidur, dan jika kita melihat laba-laba pada pagi hari akan mendapat musibah. Entah benar atau tidak, sebagian orang ada yang mempercayai hal itu.

Related

Animals 1051473010589179458

Recent

Hot in week

item