5 Negara dengan Kecepatan Internet Paling Lemot Sedunia


Naviri Magazine - Dulu, ketika internet baru dikenal di dunia, masalah yang kerap terjadi di banyak negara adalah akses. Di masa lalu, ketika sebagian negara sudah dapat mengakses internet, masih ada sebagian lain yang belum bisa. Namun, kini, semua negara di dunia sudah bisa mengakses internet, bahkan internet sudah menjadi bagian hidup sehari-hari.

Masalah yang terjadi sekarang bukan lagi akses terhadap internet, namun pada kecepatan. Seperti kita tahu, ada internet yang cepat, ada pula internet yang lambat. Tingkat kecepatan itu akan terlihat pada loading page saat kita mengakses internet, atau saat kita men-download file. Internet yang cepat akan memungkinkan kita lebih cepat dalam mengakses suatu halaman situs. Begitu pula sebaliknya.

Dari 200 negara di dunia, tidak semua negara telah memiliki akses internet cepat. Internet di Indonesia, misalnya, masih tergolong lambat, karena rata-rata hanya berkecepatan 5,17 mbps. Bandingkan dengan internet di Singapura yang telah mencapai kecepatan 60,39 mbps. Kalah jauh!

Meski begitu, Indonesia bukan satu-satunya negara dengan masalah internet lemot. Masih ada negara-negara lain yang internetnya lebih lemot dari Indonesia, dan lima negara berikut ini terkenal sebagai negara-negara paling lemot sedunia. Daftar berikut ini dimulai dari nomor 5 menuju nomor 1.

5. Guinea
 
Ibu kota Guinea, yakni Conakry, merupakan pusat dagang di negara tersebut. Namun, internet di sana tidak semewah infrastruktur kotanya. 

Kecepatan internet di Guinea hanya 0,65 mbps. Kalau dikonversikan untuk download satu film (yang rata-rata 500 MB), kita membutuhkan waktu lebih dari 17 jam, atau hampir sehari semalam.

4. Somalia
 
Somalia mungkin familier di telinga orang Indonesia, dengan statusnya sebagai negara miskin. Negara itu juga terkenal dengan perompak yang kejam.
 
Dalam hal internet, Somalia hanya memiliki kecepatan internet 0,60 mbps. Konflik berkepanjangan di sana menyebabkan peningkatan level kecepatan internet terhambat.
 
3. Turkmenistan
 
Negara ini punya kelebihan, berupa cadangan minyak, namun tidak membuat mereka memiliki kecepatan internet yang memadai.
 
Turkmenistan hanya memiliki kecepatan internet sebesar 0,56 mbps. Berbanding terbalik dengan status alamnya yang kaya raya, dengan cadangan minyak yang berlimpah.
 
2. Timor Leste
 
Timor Leste dulu bagian dari NKRI, dan baru saja merdeka. Jadi mungkin mereka masih berpikir untuk memajukan ekonomi terlebih dulu, ketimbang internet.
 
Timor Leste hanya memiliki kecepatan internet 0,49 mbps, yang bisa dikatakan tertinggal jauh dari Indonesia, meski internet di Indonesia juga tergolong lambat. 
 
1. Yaman
 
Yaman bukan negara miskin. Seperti halnya negara-negara Timur Tengah yang memiliki tambang alam yang kaya, khususnya minyak.
 
Namun, faktanya, kecepatan internet di Yaman yang hanya 0,31 mbps. Dengan kecepatan segitu, kita membutuhkan waktu 37 jam (sekitar satu setengah hari) untuk sekali download film. 

Related

Internet 3511706305300668597

Recent

item