5 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Mudah Dijalankan dan Menguntungkan


Menjalankan usaha dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki ide dan peluang. Salah satu jenis usaha yang cukup digemari adalah usaha di bidang jasa.

Usaha bidang jasa, atau juga disebut industri jasa, merupakan jenis usaha yang menjual jasa, seperti tenaga, ilmu, dan juga keahlian dalam bidang tertentu, yang menghasilkan pendapatan sesuai dengan jasa yang telah dilakukan.

Saat ini banyak sekali usaha bidang jasa yang dapat ditekuni dengan mudah, asal sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh pelaku usaha tersebut. Usaha di bidang ini memiliki potensi yang cukup baik dan menjanjikan, mengingat permintaan atau kebutuhan konsumen yang meningkat terhadap jasa.

Selain itu, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan mendorong pesatnya permintaan jasa, sehingga dapat menjadi peluang untuk membuka usaha di bidang jasa atau ingin melakukan diversifikasi usaha.

Berikut adalah beberapa peluang usaha di bidang jasa yang dapat dijalankan, dan menjanjikan keuntungan yang besar:

Potong Rambut

Disadari atau tidak, potong rambut adalah salah satu bisnis yang potensial untuk langgeng. Hal ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa setiap orang biasanya berlangganan pada segelintir barbershop sepanjang hidupnya.

Bagi kebanyakan orang, urusan rambut adalah urusan personal, karena sangat mempengaruhi citra yang ingin mereka bangun. Maka dari itu, banyak orang yang rela potong setiap dua minggu sekali untuk mempertahankan penampilannya.

Meski demikian, pemain di industri potong rambut kini sudah sangat banyak, sehingga akan memunculkan pertanyaan: apa yang membuat bisnismu berbeda?

Membuka jasa potong rambut juga perlu keahlian khusus, dan harus mampu memberikan pelayanan yang baik. Usaha ini juga sama dengan jenis usaha lainnya yang memiliki persaingan ketat.

Untuk itu, pelaku usaha jasa potong rambut lebih baik jika mampu memberikan model rambut yang cocok untuk para konsumennya. Hal itu secara tidak langsung akan memberikan kesan positif seperti adanya rasa percaya dari konsumen, dan menyiratkan bahwa pelaku usaha jasa potong rambut sudah profesional.

Juga disarankan, kamu meningkatkan pelayanan pada setiap pelanggan. Wujud pelayanan bisa dari segi keramahan barber, pengetahuan mereka akan tren terkini, keterampilan yang terus diperbarui, dan banyak lagi.

Cuci Kendaraan Bermotor

Usaha jasa cuci kendaraan mampu menghasilkan pemasukan hingga puluhan juta rupiah. Dari luar, bisnis ini mungkin terlihat biasa-biasa saja, tapi ternyata mampu mendatangkan banyak uang.

Selain itu, bisnis cuci kendaraan terbilang cukup fleksibel karena bisa dilakukan di tempat kamu sendiri atau menyewa lahan, dan dapat dilakukan oleh kamu sendiri atau menyewa tenaga orang lain (karyawan).

Mendesain dan Menjahit Pakaian

Pakaian selalu jadi kebutuhan banyak orang. Hal ini pun jadi potensi yang bagus dalam menjalankan usaha di bidang jasa menjahit, mengingat bahan dan model pakaian yang terus bervariasi setiap tahun, yang didukung permintaan pasar yang terus tinggi.

Memulai usaha jasa menjahit dapat dikatakan sebagai jenis jasa yang akan selalu dibutuhkan, dan dapat menghadirkan keuntungan yang besar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa dalam menjalankan usaha jasa menjahit perlu strategi, karena persaingan yang ketat.

Untuk itu, pelaku usaha jasa menjahit harus mampu berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik pada konsumen, agar usaha dapat berjalan lancar.

Selain itu, media sosial telah membuat industri fashion semakin mudah memasarkan produknya. Dengan demikian, kini banyak pemain baru yang hadir dengan ide-ide kreatif yang diterima oleh masyarakat.

Karena itu, bisnis pakaian lokal diprediksi akan bertumbuh cukup positif di tahun-tahun mendatang. Atas dasar alasan tersebut, kamu juga bisa mulai usaha ke dalam industri kreatif ini. Hanya saja, disarankan untuk memilih target pasar yang cukup selektif, supaya brand kamu memiliki pembeda dengan yang lain.

Misalnya, dengan khusus mendesain dan menjahit pakaian-pakaian plus size, khusus busana muslim modern tapi tetap syar’i, atau dengan menargetkan khusus untuk ibu menyusui.

Laundry

Selanjutnya, bisnis laundry menjadi peluang usaha di bidang jasa yang juga dibutuhkan. Seiring dengan pembangunan hunian-hunian ramah milenial, potensi bisnis laundry pun semakin tinggi.

Hal ini tidak lepas dari pola hidup milenial yang jadwalnya penuh oleh beragam kesibukan, sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan tugas-tugas harian seperti mencuci.

Jasa laundry/cuci baju pada umumnya menjamur di kota-kota besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang disibukkan dengan aktivitas bekerja di kantor. Tidak hanya itu, jasa cuci pakaian juga dibutuhkan oleh para mahasiswa. 

Peluang usaha ini tentu sangat bagus dan dapat dijalankan oleh siapa saja, mengingat pengerjaan cuci-mencuci pakaian tidak membutuhkan keahlian khusus. 

Hanya saja, ada yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan jasa mencuci pakaian, di antaranya kecermatan dan kehati-hatian dalam menangani agar pakaian tidak rusak selama proses mencuci (atau menyetrika), kebersihan, cucian tidak tertukar antar konsumen, ketepatan waktu, dan risiko akan adanya hujan/mendung (pada musim hujan) yang mengakibatkan pakaian konsumen tidak cepat kering

Dengan kualitas pelayanan yang baik, bisnis jasa laundry akan berkembang seiring waktu berjalan dan kepercayaan konsumen yang bertambah.

Rental mobil

Selain didorong oleh peningkatan industri pariwisata, bisnis rental mobil akan berkembang karena meningkatnya jumlah pengemudi taksi online. Mengingat tak semua orang mampu untuk membeli mobil sendiri, menyewa mobil jadi salah satu alternatif yang bisa mereka pilih.

Kamu bisa membuat skema perjanjian yang beragam. Mulai dari bagi hasil dengan perbandingan yang disepakati, hingga perjanjian harian. Hanya saja, untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal yang cukup besar, meski mampu menghasilkan keuntungan dan potensi yang besar pula.

Dalam melakukan penyewaan kendaraan harus diperhatikan lebih terkait keamanannya, mengingat usaha ini berisiko terjadinya kerugian. Risiko yang cukup besar tidak lantas menjadi salah satu penyebab jasa penyewaan kendaraan ini mati atau tidak berpotensi.

Justru pada saat ini, usaha rental mobil memiliki perkembangan yang cukup tinggi, mengingat kebutuhan konsumen juga bertambah, misalnya kebutuhan dalam berwisata. Tentunya dalam melakukan kegiatan wisata memerlukan kendaraan, sehingga ini menjadi peluang yang dapat dijalankan.

Related

Business 8613721354212136035

Recent

Hot in week

item