5 Sinetron dengan Promosi Terheboh di Indonesia (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (5 Sinetron dengan Promosi Terheboh di Indonesia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

3. Putri Yang Ditukar

Pengikut setia sinetron tentu sudah hafal dengan ciri khas sinetron produksi SinemArt yang tayang di RCTI. Kalau karena suatu hal sinetron tidak tayang, pasti pemainnya akan mengumumkan di setiap jeda iklan. “Mohon maaf pemirsa, khusus malam ini sinetron kami tidak tayang. Nantikan kembali kelanjutannya, besok malam.”

Kurang lebih begitu bunyi promonya. Khusus Putri Yang Ditukar, promonya dibuat lebih kreatif. Suatu kali, muncul klip promo yang memperlihatkan karakter Surti (Ana C. Pinem) pingsan. Kemudian Amira (Nikita Willy) dan pak Prabu Wijaya berkata “Mohon maaf pemirsa, karena Bi Surti pingsan maka Putri Yang Ditukar tidak tayang.”

Promo-promo sejenis juga bermunculan. Ketika tidak tayang karena pertandingan bola, pemain menyebut tidak tayang karena ingin menonton bola. Promo lain menampilkan Rizky (Rezky Aditya) membawa Aini, anaknya, masuk pesawat, lalu menjelaskan bahwa PYD tidak tayang karena Aini mau liburan. 

Entah apakah promo demikian ikut mendongkrak rating atau tidak. Yang pasti sinetron produksi SinemArt ini berhasil membukukan 676 episode.

4. Di Mana Melani?

Dalam suatu jeda iklan di SCTV pertengahan 2010, muncul foto seorang gadis muda. Dalam promo terdapat tulisan sebagai berikut:

Nama: Melani Wirayuda
Usia: 17 Tahun
Hilang Sejak: Satu Hari yang Lalu
Siapa saja yang menemukan tolong hubungi SCTV.

Promo ini muncul tanpa narasi atau pun ilustrasi musik. Membuat pemirsa yang tidak mengikuti sinetron pun bertanya-tanya, siapa Melani? Hilang ke mana? Apakah diculik? Ah ternyata ini promo sinetron produksi MD Entertainment. 

Dalam sinetron yang mengantongi izin adaptasi telenovela “Donde Esta Elisa?” ini dikisahkan karakter Melani (Estelle Linden), seorang putri konglomerat, menghilang usai berpesta di sebuah klab. 

Cerita ala detektif ini terbilang seru dan jarang diangkat sinetron Indonesia. Penggarapannya serius. Pemilihan lokasi terlihat lebih real, tidak berkutat pada studio Persari. Jumlah episodenya pun hanya 30. Entah karena rating, atau setia pada versi aslinya yang berjumlah 112 episode.

5. iSkul

Banjir artis terkenal adalah salah satu ciri khas sinetron SinemArt. Rumah produksi ini tidak tanggung-tanggung menampilkan artis terkenal mulai dari usia belia, dewasa, sampai pemeran orangtua dan kakek-nenek. 

Tapi tidak untuk sinetron musikal berjudul iSkul. Sinetron yang tayang di RCTI ini memasang nama-nama baru sebagai pemeran utama, seperti Tamara Tyasmara, Kevin Leonardo dan personel NSG Star.

Konsep yang diusung mirip serial Glee, di mana artis-artisnya menyanyikan sendiri cover version lagu-lagu populer. Namun dari segi cerita, iSkul tidak menyontek serial yang dibintangi Lea Michele itu. Meski persiapannya matang, ratingnya ternyata tak sesuai harapan. Alhasil, nama-nama besar SinemArt pun dikerahkan untuk promo sinetron ini. 

Tersebutlah Marshanda, Rezky Aditya, Mischa Chandrawinata dan banyak artis lainnya mempromosikan sinetron ini. Malah, di layar kaca tertera tulisan bahwa artis-artis itu “Alumni iSkul”. 

Bahkan, artis yang tidak sedang syuting stripping seperti Asmirandah, Nabila Syakieb, Lucky Perdana, Aura Kasih dan lain-lain didapuk sebagai bintang tamu. Sayang strategi ini belum mampu mengangkat rating iSkul, yang berakhir di episode 13.

Related

Entertaintment 4909654123788775782

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item