6 Artis yang Ternyata Keturunan Pahlawan Indonesia


Naviri Magazine - Nama-nama pahlawan umumnya sama terkenal dengan nama-nama artis. Bedanya, nama-nama pahlawan umumnya berasal dari zaman dulu, sementara nama-nama artis bisa berasal dari masa sekarang. Yang mungkin masih jarang dipikirkan kebanyakan orang, bisa jadi keduanya memiliki hubungan. Yaitu, salah satu keturunan para pahlawan itu lalu dikenal publik sebagai artis.

Di Indonesia, ada beberapa artis terkenal, yang ternyata keturunan pahlawan. Ada yang keturunan pahlawan di bidang pendidikan, ada yang cucu pahlawan di bidang media, ada pula yang keturunan presiden Indonesia. Berikut ini uraiannya.

Maia Estianty

Semula tak banyak yang tahu bahwa Maia Estianty merupakan artis yang memiliki garis keturunan dari salah satu pahlawan Indonesia. Dia adalah cicit HOS Cokroaminoto, yang merupakan pemimpin salah satu organisasi Sarekat Islam (SI). 

Layaknya keturunan pahlawan nasional lainnya, ibu tiga anak ini merasa bangga menjadi cicit HOS Cokroaminoto, yang diketahuinya semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. 

Seperti yang telah diketahui, HOS Cokroaminoto dikenal sebagai sosok yang mengajarkan akhlak yang baik kepada keluarga. Karena itu, Maia pun merasa tertular untuk melakukan hal yang sama kepada ketiga anaknya.

Dian Sastrowardoyo

Sebagian kita tentu tidak asing dengan nama belakang artis cantik Dian Sastrowardoyo. Memang, aktris ini merupakan salah satu cucu pahlawan pergerakan Indonesia, Prof. Sunario Sastrowardoyo. 

Prof. Sunario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Selain menjadi salah satu pahlawan nasional, kakek Dian Sastro juga mantan Menteri Luar Negeri Indonesia yang ke-7, Menteri Perdagangan yang ke-12, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, serta Rektor Universitas Diponegoro (Semarang) tahun 1963 silam. 

Tak heran, jika Dian Sastro dikenal sebagai aktris yang cantik juga cerdas. Tampaknya, Dian memang mewarisi kecerdasan kakeknya. 

Setiawan Djody

Musisi senior Setiawan Djody merupakan cucu pahlawan penggagas organisasi Budi Utomo. Djody, yang pernah bergabung dalam grup musik SWAMI, adalah cucu Dr. Wahidin Sudirohusodo, salah satu pahlawan Indonesia yang namanya selalu dikaitkan dengan organisasi Budi Utomo. 

Walaupun bukan pendiri Budi Utomo, namun Dr. Wahidin adalah penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Jakarta. Dr. Wahidin sering dikenal sebagai sosok pahlawan yang sangat akrab dengan rakyat.

Nia Dinata

Nama Nia Dinata masih berkaitan dengan nama salah satu pahlawan Indonesia. Sutradara dengan nama lengkap Nurkumiati Aisyah Dewi ini memang merupakan anak Dicky Iskandar Dinata, sekaligus cucu sang pahlawan nasional, Raden Otto Iskandar Dinata, yang dikenal dengan julukan si Jalak Harupat. 

Nama Otto, yang merupakan anggota BPUPKI dan PPKI, semakin populer pada awal kemerdekaan Indonesia. Setelah kemerdekaan RI, Otto menjabat sebagai menteri negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta.

Ricky Harun

Ricky Harun memiliki darah keturunan presiden RI pertama, Ir Soekarno. Pemain sinetron ini merupakan anak sulung pasangan Donna Harun dan Hendra Rahtomo. Jika Donna Harun merupakan aktris Indonesia, ayah Ricky Harun adalah anak politisi Rachmawati Soekarnoputri, dan cucu Presiden Soekarno.

Dewi Yull

Kakek Dewi Yull adalah tokoh media zaman perjuangan kemerdekaan RI, RM Tirto Adhi Soerjo, seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional yang dikenal sebagai Bapak Pers Indonesia, setelah berjuang mendirikan surat kabar 'Medan Prijaji' pada 1907 silam. 

Kakek Dewi Yull merupakan orang pertama yang menggunakan surat kabar sebagai alat propaganda dan pembentuk pendapat umum. Sebagai bagian dari keluarga pahlawan, Dewi Yull kerap menghadiri acara silaturahmi keluarga besar Ikatan Keluarga Pahlawan Indonesia (IKPI).

Related

Celebrity 4275180597985635531

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item