6 Musisi Legendaris yang Ternyata Tidak Bisa Membaca Notasi Musik


Naviri Magazine - Ini mungkin aneh atau lucu, tapi benar-benar terjadi dan tentu saja mencengangkan. Ada beberapa musisi yang dianggap hebat bahkan legendaris, namun ternyata tidak bisa membaca not balok atau notasi musik. Padahal, not balok atau notasi musik merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan para musisi.

Lagu-lagu umumnya dibuat menggunakan notasi musik, yang dilambangkan dengan not balok dan angka. Namun, membaca not balok bukan pekerjaan mudah, termasuk bagi para musisi. Berikut ini adalah beberapa musisi hebat, yang ternyata tidak bisa membaca not balok atau notasi musik.

1. The Beatles

Siapa sangka kalau personil band legendaris, The Beatles, tidak bisa membaca notasi musik? John Lennon, dengan gayanya yang khas, berkata, "Mereka tidak datang untuk menikmati kemampuan saya membaca atau menulis not balok, penonton datang untuk menikmati lagu dan nyanyian saya."

Di sisi lain, Paul McCartney juga mengatakan, "Saya tidak bisa membaca notasi musik, dan saya juga tidak tertarik mempelajarinya, karena 'tauge kecil hitam itu' akan menghambat kreativitas saya."

2. Slash

Siapa yang tak kenal gitaris Guns 'N Roses ini, seorang yang menjadi ikon musik selama bertahun-tahun. Slash juga tidak bisa membaca lembaran kertas berisi not balok.

Dalam sebuah sesi tanya-jawab, ia mengatakan dengan jelas bahwa dia bermain hanya mengandalkan pendengaran dan perasaan, hanya berusaha memainkan apa yang ia dengar di benaknya, kadang kala jarinya bergerak mengikuti alunan musik yang ia mainkan.

3. Jimi Hendrix

Jimi Hendrix merupakan dewa gitar yang sekaligus mempopulerkan musik blues ke dunia. Namun, ternyata, dia tidak bisa membaca notasi lagu, dan belajar gitar secara otodidak sepenuhnya. Ketidakmampuan Jimi membaca notasi membuatnya lebih berkonsentrasi pada musik yang ia dengarkan.

4. James Hetfield

Pentolan band Metallica ini juga ternyata tidak bisa membaca notasi lagu. Hal ini membuat dia kebingungan saat akan berkolaborasi dengan musik orkestra. Dia pun memberikan contoh nada untuk lagu “Nothing Else Matters” pada grup orkestra yang dia ajak berkolaborasi.

Secara jelas, ia mengakui tidak tahu nama nada lagu yang berjudul Nothing Else Matters, apalagi menulisnya di kertas notasi.

5. Eric Clapton

Sejarah mencatat sang dewa gitar Eric Clapton sebagai salah satu musisi yang diakui kehebatannya dalam musik blues hingga rock. 

Dalam autobiografinya, "Slowhand", Eric Clapton mengatakan dalam sesi rekaman bersama Aretha Franklin, bahwa dirinya merasa malu karena tidak bisa membaca not balok. Sedangkan musisi lainnya memainkan musik dari lembaran-lembaran kertas berisi notasi musik yang ada di hadapan mereka.

6. Dave Mustaine

Dave Mustaine adalah vokalis sekaligus salah satu musisi thrash metal paling penting dalam kelompok Megadeth. Karena terlahir dari keluarga yang pas-pasan, gitaris Megadeth ini tidak mampu belajar musik secara formal. Meski demikian, Dave tetap merupakan salah satu gitaris thrash metal terbaik sepanjang masa.

Related

Music 7374539365108685005

Recent

item