Alasan Polri Buat Seragam Satpam Mirip Polisi yang Kini Bikin Bingung


Warna seragam satuan pengamanan (Satpam) akan berubah dua kali dalam kurun dua tahun bila rencana perubahan terbaru dari Mabes Polri terealisasi. Alasan perubahan seragam Satpam dari Polri pun menuai sorotan.

Pada 2020, Polri mengubah seragam Satpam dari biru menjadi cokelat. Kini, Polri berencana mengubah lagi dari cokelat menjadi krem.

Polri beralasan rencana perubahan itu karena seragam satpam saat ini dianggap mirip seragam kepolisian. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, kemiripan seragam Satpam dengan polisi kerap membuat masyarakat bingung.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem. Karena menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, profesi Satpam juga mengemban fungsi kepolisian secara terbatas. Oleh sebab itu, kata dia, diperlukan identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

Alasan terbaru ini justru bertolak belakang dengan alasan penggantian warna seragam Satpam dari warna biru menjadi cokelat muda pada 2020. Saat itu Polri justru sengaja mengubah seragam Satpam menjadi mirip polisi. Tujuannya agar terjalin kedekatan secara emosional dan institusi.

Jenderal Idham Azis yang saat itu menjabat Kapolri mengeluarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan  Swakarsa.

Selain perubahan warna seragam, merujuk pada beleid Perkap 4/2020, terdapat sejumlah penyesuaian lainnya bagi anggota Satpam. Misalnya, terdapat kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan, hingga batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri saat itu, Brigadir Jenderal Awi Setiyono menjelaskan, seragam Satpam sengaja diubah menjadi mirip kepolisian untuk menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan personel Satpam.

Selain itu, perubahan tersebut juga dilakukan Polri untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap anggota Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

"Memuliakan profesi Satpam, dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Kini, proses perubahan kembali seragam Satpam masih digodok oleh kepolisian. Ramadhan mengatakan, warna seragam Satpam yang baru tersebut rencananya bakal diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam mendatang.

"Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian, dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tuturnya.

Related

News 6720269839714181817

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item