Apakah Matahari Berotasi Sebagaimana Bumi? Ini Jawabannya


Naviri Magazine - Matahari juga berotasi. Namun, karena Matahari bukan bola padat, melainkan bola gas, maka Matahari tidak berotasi dengan kecepatan yang seragam.

Matahari berotasi pada sumbunya selama sekitar 27 hari untuk mencapai satu kali putaran. Gerakan rotasi itu pertama kali diketahui melalui pengamatan terhadap perubahan posisi bintik Matahari. 

Sumbu rotasi Matahari miring sejauh 7,25° dari sumbu orbit Bumi, sehingga kutub utara Matahari akan lebih terlihat di bulan September, sementara kutub selatan Matahari lebih terlihat di bulan Maret. 

Para ahli astronomi mengemukakan bahwa rotasi bagian dalam Matahari tidak sama dengan bagian permukaannya. Bagian inti dan zona radiatif berotasi bersamaan, sementara zona konvektif dan fotosfer juga berotasi bersama namun dengan kecepatan yang berbeda. 

Bagian ekuatorial (tengah) memakan waktu rotasi sekitar 24 hari, sedangkan bagian kutubnya berotasi selama sekitar 31 hari. Sumber perbedaan waktu rotasi Matahari tersebut masih diteliti.

Matahari dan keseluruhan isi tata surya bergerak di orbitnya mengelilingi galaksi Bimasakti. Matahari terletak sejauh 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti. Kecepatan rata-rata pergerakan itu adalah 828.000 kilometer per jam, sehingga diperkirakan akan membutuhkan waktu 230 juta tahun untuk mencapai satu putaran sempurna mengelilingi galaksi.

Related

Science 6859052444758018461

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item