Berapa Suhu Matahari? Jawabannya Puanaaaasss Sekali!


Naviri Magazine - Kita tidak dapat mengukur suhu Matahari secara langsung, karena suhunya sangat tinggi. Para astronom hanya menggabungkan metode-metode pengamatan dan berbagai teori untuk menaksir kondisi-kondisi di Matahari. 

Teori penyusutan Helmholtz, misalnya, memperkirakan bahwa suhu di pusat Matahari mencapai 15 juta Kelvin. Suhu tersebut dipercaya sebagai suhu dalam inti matahari.

Tak berbeda jika menggunakan ukuran Celcius, suhu Matahari sekitar 15.000.000 derajat Celsius pada inti dalam, 7.000.000 derajat Celsius pada inti luar, sementara suhu permukaan matahari sekitar 6.000 derajat Celsius. 

Tak terbayang seperti apa panasnya, karena Bumi kita yang cuma memiliki suhu antara 35 sampai 40 derajat Celcius saja sudah membuat kita berkeringat.

Apa yang disebut zona radiatif?

Zona radiatif adalah area yang menyelubungi inti Matahari. Energi dari inti Matahari yang berbentuk radiasi berkumpul di daerah zona radiatif, sebelum diteruskan ke bagian Matahari yang lebih luar. 

Kepadatan zona radiatif sekitar 20 g/cm3, dengan suhu dari bagian dalam ke luar antara 7 juta hingga 2 juta derajat Celcius. Suhu dan densitas zona radiatif masih cukup tinggi, namun tidak memungkinkan terjadinya reaksi fusi nuklir.

Related

Science 5431139190046907083

Recent

Hot in week

item