Bikin Ngeri dan Tak Terduga, Ternyata Lintah Punya Gigi!


Naviri Magazine - Meski mungkin mengejutkan, ternyata lintah punya gigi. Lintah adalah sejenis cacing yang banyak terdapat di hutan hujan tropis, tempat yang lembap, sungai, danau, dan laut. Tempat-tempat di dekat sungai dan air terjun, jalur pendakian yang lembap, juga sering terdapat lintah.

Lintah memiliki alat pengisap berbentuk bulat di kedua ujung tubuhnya. Di tengah-tengah alat pengisap bagian depan terdapat mulut dan juga gigi. Itulah alat yang digunakan lintah untuk mendapatkan makanannya, yaitu dengan mengisap darah atau jaringan tubuh hewan lainnya.

Meski kita sering menganggap lintah hidup dengan menjadi parasit yang mengisap darah makhluk lain, namun ada pula lintah yang hidup dengan memakan sisa-sisa hewan dan tumbuhan.

Bagaimana lintah mengisap darah?

Lintah sangat rakus mengisap darah, dari hewan ataupun manusia. Mereka memiliki semacam alat pengisap pada kedua ujung tubuhnya, agar dapat melekat pada mangsa. 

Setelah lintah menempelkan tubuh pada mangsanya, lintah itu akan menggores tubuh korbannya dengan menggunakan giginya yang tajam dan kuat, lalu mulai mengisap. Seekor lintah dapat mengisap darah sampai beberapa kali berat tubuhnya dalam satu kali makan.

Related

Science 450628007432459276

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item