Duh, Hakim Ini Malah Tertidur Saat Sidang Pembunuhan


Naviri Magazine - Kasus pembunuhan adalah kasus berat, begitu pula persidangannya. Saat sidang kasus pembunuhan berlangsung, semua pihak tentu akan serius mengikuti jalannya sidang, meliputi kesaksian, penjelasan terdakwa, tuntutan jaksa, pertimbangan hakim, dan lain-lain. 

Karenanya, menjadi hakim di persidangan tentu hal yang berat, karena harus mengikuti semua perkembangan yang terjadi di persidangan dengan penuh konsentrasi.

Terkait hal itu, ada hakim bernama Jeffrey W. O'Connor, yang sempat bikin geger di Amerika, karena dia malah tertidur ketika pengadilan kasus pembunuhan sedang berlangsung. 

Terdengar memalukan, namun begitulah yang terjadi. Dikutip dari Associated Press, O'Connor tertidur saat bertugas sebagai hakim dalam persidangan Nicholas Sheley, yang merupakan tersangka kasus pembunuhan.

Tapi O'Connor membantah. "Jika saya tidak melihat video (bukti rekaman), bukan berarti saya tidak mendengarkan dan memperhatikan segala hal yang dinyatakan (saat persidangan)," ucapnya.

Steve Greenberg, pengacara Sheley, tak terima akan fakta konyol ini. Greenberg ingin persidangan diulang, dan setiap keputusan dibatalkan, "Dia memberikan kesan buruk kepada para juri bahwa persidangan tersebut tidak penting."

Begitu pun menurut Hakim Agung Mary O'Brien di Negara Bagian Illinois, Amerika Serikat, hakim dianggap tidak hadir jika dia tertidur saat sidang.

Jika O'Connor sampai terbukti ketiduran, besar kemungkinan dia akan dikenai sanksi atau diminta melepaskan jabatannya.

Related

World's Fact 6789729481355169721

Recent

item