Fakta dan Misteri di Balik Resep Ayam Goreng KFC yang Terkenal


Naviri Magazine - Harland Sanders, yang juga akrab dipanggil Kolonel Sanders, adalah pendiri gerai ayam Kentucky Fried Chicken (KFC). Ketika mendirikan gerai ayam goreng itu, bisa dibilang dia satu-satunya orang yang mampu menghasilkan ayam goreng dengan enak dan renyah. Sanders mendapatkan resep membuat ayam goreng itu dari mendiang ibunya, meski dia juga melakukan sedikit modifikasi atau perubahan. 

Ketika kemudian KFC menjadi bisnis besar dengan puluhan ribu gerai di seluruh dunia, Harland Sanders tetap merahasiakan resep ayam gorengnya. Bagaimana pun, resep itulah yang menjadikan dirinya dan KFC bisa sukses luar biasa. Tentu saja Kolonel Sanders tidak ingin ada orang lain yang tahu resepnya.

Sanders menulis resep itu dengan tulisan tangan. Dulu, resep itu disimpannya di dompet. Suatu hari, Sanders meminta sekretarisnya untuk mengopi kertas resep yang kondisinya digambarkan "kecil dan lumayan lecek."

Shirley Topmiller, sang sekretaris, menceritakan, "Saat kopian itu jadi, aku tahu kalau itu adalah resep legendaris KFC. Aku deg-degan dan lekas menyerahkannya pada Kolonel Sanders. Aku bilang, 'Kolonel, Anda tak bisa jalan-jalan dengan resep ini’," 

Sekarang, resep di selembar kertas itu tersimpan di brankas seberat 350 kilogram di dalam ruangan dengan beton setebal dua kaki, diawasi oleh kamera pengawas dan pendeteksi gerakan.

Hanya segelintir orang yang tahu resepnya, itu pun nama mereka tidak disebutkan. Bahkan para jajaran direktur pun tak tahu. Orang-orang yang mengetahui resep ini disumpah tidak akan membocorkan rahasia resep. Kalau melanggar, mereka akan dituntut dengan pasal pelanggaran trade secret. 

Sekitar 15 tahun lalu, sepasang suami istri mengaku mendapatkan resep rahasia ini setelah membeli rumah yang ditempati Kolonel Sanders pada dekade 1970-an. KFC kemudian menuntut pasangan bernama Tommy dan Cherry ini. Tuntutan itu lantas dibatalkan karena resep yang ditemukan mereka sama sekali tidak mendekati resep aslinya.

Untuk tetap menjaga kerahasiannya, setengah bahan diracik oleh Griffith Laboratories, kemudian bahan itu diserahkan ke perusahaan bumbu McCormick yang kemudian menambahkan setengah resepnya.

Kalau bisa dihitung, mungkin ada ribuan orang yang mencoba menduplikasi resep ayam goreng KFC. Dari para chef terkenal, host acara masak yang didedikasikan untuk meniru resep-resep masakan terkenal, hingga ibu rumah tangga yang membagi resep via Facebook atau blog.

Sanders pernah membocorkan sedikit bumbu yang dipakai untuk original recipe. Paling tidak, kata Sanders, ada garam dan merica. Mungkin dia sedang meledek para pemburu rahasia. Bahkan nasi goreng pinggir jalan juga pakai garam dan merica. Menurut Shirley Topmiller, dua rempah yang dipakai Sanders antara lain adalah sage dan summer savory (Satureja hortensis).

Related

Food 7745836680407880139

Recent

Hot in week

item