Horor di Rumania dan Latar Kisah Iblis Valak di Film The Nun


Naviri Magazine - The Conjuring adalah salah satu film horor fenomenal yang laris di mana-mana, hingga dibuat sekuelnya. Film horor ini bahkan memiliki semesta tersendiri, yang masing-masing filmnya saling terhubung satu sama lain. Belakangan, semesta The Conjuring bertambah dengan dirilisnya The Nun.

The Nun adalah prekuel yang menghadirkan cerita-cerita sebelum dimulainya kisah dalam semesta The Conjuring Series. Cerita The Nun berkisar pada upaya pengungkapan misteri kematian the Demon Nun Valak. Pengungkapan ini juga yang menyasar pada skandal berikutnya: rahasia-rahasia biara yang selama ini disembunyikan.

Bermula dari kematian seorang biarawati di Rumania yang mendadak membuat petinggi Vatikan geger. Nyawa seorang biarawati melayang dengan cara yang tidak wajar dan misterius.

Pihak Vatikan selanjutnya merespon permasalahan ini dengan mengutus seseorang untuk menyelidikinya. Adalah pastor bernama Father Burke (Demián Bichir) dari Eropa Selatan yang dikirim untuk menyelidiki kematian biarawati tersebut.

Satu per satu pecahan misteri kematian sang biarawati terungkap, yang membuat Father Burke kewalahan, baik secara psikis, mental, maupun jiwanya.

Kejadian apa yang sebenarnya terjadi di Rumania?

Dilansir dari Fandago, James Wan, sutradara The Conjuring, menjelaskan kenapa The Nun berlatar pada tahun 1952 di Rumania.

“The Nun berlatar tahun 1952, lebih awal 25 tahun dari plot The Conjuring 2, yang merupakan tempat pertama kami bertemu Valak, Demon Nun. Dan itu tujuh tahun setelah peristiwa-peristiwa utama dalam Annabelle: Creation, yang merupakan tempat terakhir kita melihat Valak,” jelas James Wan dalam wawancaranya.

Kemudian, apa hubungan antara kejadian ini dengan sosok Sister Irene (Taissa Farmiga), yang tampil cukup mengesankan dalam trailer The Nun?

Dalam trailer pertama The Nun, terlihat gambar seorang biarawati muncul di dekat Suster Irene (Taissa Farmiga).

“Saya melihat seorang biarawati,” kata suster Irene dalam trailer pertama The Nun.

Dalam trailer tersebut, terdapat adegan yang menunjukkan Suster Irene berjalan di terowongan gelap yang diterangi cahaya lilin, saat hantu seorang biarawati mengikutinya. Begitu Suster Irene menyadari bahwa dia sedang diikuti, seorang biarawati lain berlari dan menyerangnya.

"Berdoalah untuk Pengampunan," kata-kata itu mengakhiri trailer The Nun.

James Wan, selaku produser The Nun, menggandeng sutradara Corin Hardy yang sebelumnya telah menyutradarai film horor The Hallow.

Aktris karakter Bonnie Aarons mengulangi perannya sebagai Valak, sementara Taissa Farmiga mengikuti jejak saudaranya, Vera, bergabung dengan film ini sebagai Suster Irene, biarawati dari Vatikan.

Aktor nominasi Oscar, Demián Bichir, yang terakhir terlihat di Alien: Covenant, di The Nun berperan sebagai imam. Film ini juga menampilkan Jonas Bloquet (Elle) sebagai penduduk setempat, ditambah Charlotte Hope (Game of Thrones), dan Ingrid Bisu (Toni Erdmann) sebagai biarawati dari ordo yang sedang diselidiki.

Gary Dauberman, yang menulis film Annabelle dalam waralaba Conjuring, turut menulis skenario di The Nun.

Bagaimana film The Nun cocok dengan semesta sinematik The Conjuring?

“Di sinilah semuanya dimulai,” jawab James Wan.

Dalam cakupan internasional, film The Conjuring 2 yang dilatarbelakangi pengalaman pasangan cenayang Ed dan Lorraine Warren ini merajai box office di mana-mana. Di Amerika Latin, yang notabene pengaruh Katoliknya kuat, Conjuring 2 tak bisa tertahan. Hal sama terjadi di Australia dan beberapa negara Asia. 

Sedangkan di Amerika Serikat, The Conjuring 2 berhasil meraup pendapatan hingga $40,4 juta pada pekan pertama. Capaian ini tak beda jauh dengan sekuel pertama The Conjuring, yang memperoleh $41,8 juta saat dirilis 2013 lalu.

Subgenre horor-supranatural memang sedang naik daun dalam 20 tahun terakhir. Subgenre ini jadi andalan Hollywood menakuti orang, ketimbang sub-genre lain seperti horor-slasher atau horor-torture.

Related

Mistery 7377400908942580251

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item