Ini 10 Makanan yang Membantu Memelihara Daya Ingat agar Tak Mudah Lupa


Naviri Magazine - Bertambahnya usia sering kali tidak hanya mempengaruhi kemampuan fisik kita, namun juga kemampuan otak kita. Seiring fisik yang makin melemah, daya atau kemampuan otak kita pun kadang ikut melemah. Tidak bisa lagi berpikir keras seperti saat masih muda, dan tidak bisa lagi mengingat banyak hal seperti sebelumnya. 

Tomat, kuaci, atau brokoli, adalah beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat memelihara dan meningkatkan daya ingat seseorang. Kenyataannya, daya ingat kita bisa dipelihara kesehatannya dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang tepat. 

Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk memelihara daya ingat. Jika Anda masih muda, makanan berikut ini bisa meningkatkan daya ingat Anda.

Gandum

Gandum beserta olahannya, seperti sereal atau pasta gandum, mengandung vitamin B12 dan B6 yang bisa memelihara dan meningkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan dalam gandum juga membantu menurunkan risiko penurunan kognitif ringan yang dapat berkembang menjadi penyakit Alzheimer.

Minyak ikan

Ikan jenis salmon, tuna, dan makarel, mengandung sumber asam lemak omega-3 yang dibutuhkan otak. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan itu juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan yodium yang bagus untuk saraf otak serta mengasah daya ingat lebih tajam.

Bluberi

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience menyebutkan, bahwa ekstrak bluberi dapat membantu memelihara serta meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Tomat

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang membantu melindungi otak dari jenis kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan faktor usia.

Blackcurrant

Vitamin C yang terkandung dalam blackcurrant sudah dikenal memiliki kekuatan dalam meningkatkan ketangkasan mental serta otak. Blackcurrant juga mampu menjaga otak dari racun yang berasal dari lingkungan atau makanan, sehingga bisa mencegah terjadinya penurunan daya ingat.

Kuaci biji labu

Kuaci yang berasal dari biji labu memiliki kandungan zinc yang baik untuk meningkatkan dan memelihara ketajaman otak serta pikiran.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber vitamin K yang dikenal bagus untuk meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak.

Kacang-kacangan

The American Journal of Epidemiology menyebutkan, kacang atau selai kacang mengandung lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, kacang juga menjadi sumber vitamin E tinggi yang bisa menjaga tubuh tidak hanya dari serangan jantung, namun juga memperbaiki sistem kerja otak.

Sayuran dan buah

Berbagai nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan, serta membantu memelihara kemampuan otak dan daya ingat.

Related

Health 1105430278425422228

Recent

Hot in week

item