Ini 11 Makanan yang Bisa Membantu Menangkal Osteoporosis


Naviri Magazine - Osteoporosis atau keroposnya tulang merupakan penyakit yang membuat penderitanya rentan mengalami patah tulang. Umumnya, osteoporosis dialami orang-orang lanjut usia. Untuk mencegah pengeroposan tulang, kita perlu membiasakan olahraga sejak dini untuk menguatkan tulang. 

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat mencegah melemahnya tulang. Kemudian, berjemur di pagi hari juga baik, karena sinar matahari adalah sumber vitamin D yang paling murah dan mudah didapatkan, dalam upaya menjaga kekuatan tulang.

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mendukung kesehatan tulang, serta membantu menangkal osteoporosis. Berikut ini di antaranya.

Susu

Susu dan aneka produk susu seperti keju, yoghurt, atau susu skim, adalah makanan-makanan yang penting dikonsumsi untuk menjauhkan osteoporosis. Susu dan berbagai produk turunannya mengandung kalsium dan protein yang memperkuat serta menyehatkan tulang.

Kacang

Kacang mengandung kalsium, magnesium, mangan, serta fosfor. Almond dan pistachio adalah dua jenis kacang yang merupakan sumber kalsium terbaik.

Sayuran

Mengonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan bit, setiap hari bisa membantu menguatkan tulang.

Ragi

Dalam setiap 100 gram berat keringnya, ragi memiliki 330-350 miligram kalsium. Jumlah yang layak untuk dikonsumsi demi menguatkan tulang.

Kurma

Meski dikenal sebagai makanan khas di bulan puasa, kurma juga bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Kurma merupakan sumber kalsium dan magnesium yang meningkatkan kepadatan tulang tubuh Anda.

Buah-buahan

Buah-buahan semacam jeruk, apel, pisang, jambu, stroberi, dan nanas, menyediakan vitamin C yang mampu memperkuat tulang. 

Sayuran 

Sayuran, khususnya sayuran hijau, termasuk makanan pelawan osteoporosis. Meski begitu, Anda perlu mewaspadai bayam, karena di dalamnya terdapat senyawa oxalate yang ternyata mencegah penyerapan kalsium oleh tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, semisal kacang kedelai dan kacang lentil, adalah sumber kalsium yang bisa dikonsumsi demi mencegah osteoporosis.

Telur

Selain menjadi sumber protein, telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami yang baik untuk tulang.

Omega-3

Omega-3 tidak hanya ampuh dalam melawan osteoporosis, namun juga mampu menangkal penyakit rematik dan nyeri sendi. Omega-3 bisa diperoleh dari biji labu, biji rami, atau minyak ikan. 

Ikan

Ikan, terutama yang berminyak (oily fish) seperti salmon, sarden, dan tuna, mengandung kalsium dan mineral lain yang baik untuk kesehatan tulang.

Selain makanan-makanan yang telah disebutkan di atas, jus jeruk juga termasuk makanan yang mengandung kalsium, yang juga bisa dikonsumsi untuk membantu kesehatan tulang. 

Begitu pula minuman yang terbuat dari kedelai, produk tahu, juga tajin, merupakan sumber kalsium yang baik untuk melawan osteoporosis. Alternatif lain, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen kalsium secara rutin untuk membantu meningkatkan struktur tulang.

Sementara hal-hal yang perlu dijauhi demi kesehatan tulang adalah rokok, minuman beralkohol, dan garam. Konsumsi garam berlebihan dapat meluruhkan kadar kalsium dalam tulang.

Related

Health 2643540621313975483

Recent

item