Ini 5 Makanan yang Bisa Membantu Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut


Naviri Magazine - Tidak semua orang menyukai masakan pedas, hingga kadang ada orang yang “kepanasan” akibat sensasi pedas yang membakar lidahnya. Orang yang tidak biasa menikmati masakan pedas biasanya “kaget” saat lidahnya mengecap sensasi pedas, lalu mulutnya terasa terbakar, seiring wajah memerah dan hidung mengeluarkan air.

Selama ini, kita mungkin biasa menghilangkan rasa pedas dari mulut dengan meminum air banyak-banyak. Namun, sebenarnya, ada cara lain yang lebih efektif dalam menghilangkan rasa pedas di mulut, yaitu dengan beberapa makanan dan minuman berikut ini.

Gula

Memakan satu sendok gula bisa menghilangkan sensasi pedas di lidah Anda dengan cepat. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi panas pada lidah. Gula dapat menyerap minyak pedas, dan memberikan rasa berbeda pada lidah.

Susu

Susu putih tawar juga efektif dalam melenyapkan sensasi pedas di mulut. Studi yang dilakukan American Chemical Society menyebutkan, protein di dalam susu yang disebut kasein mampu membantu memecah ikatan capsaicin (senyawa yang memberikan sensasi pedas pada cabai) dengan reseptor saraf.

Cokelat 

Selain susu, cokelat juga efektif dalam menghilangkan sensasi pedas di mulut. Cokelat mengandung lemak tinggi yang mampu menghilangkan capsaicin di mulut, karena senyawa itu mudah larut dalam lemak dibandingkan air. Agar lebih efektif, pilihlah cokelat susu. Dibanding cokelat hitam, cokelat susu mengandung lebih banyak lemak, sehinga lebih cepat menghilangkan pedas.

Roti

Di antara cara mudah menghilangkan pedas di mulut adalah dengan memakan roti. Roti mampu menghilangkan rasa panas atau pedas di lidah, karena membantu menyerap senyawa capsaicin dari teksturnya yang kasar.

Alkohol

Hanya untuk Anda yang kebetulan mengonsumsi alkohol. Minuman beralkohol juga mampu membantu menghilangkan rasa pedas di mulut, meski sementara. Karena minyak dan air tidak dapat bersatu, maka minuman beralkohol hanya akan menyebarkan capsaicin untuk mengurangi pedas di satu titik, namun tidak menetralkannya.

Related

Health 986181950067217057

Recent

item