Inilah Rambu Lalu Lintas Paling Ruwet dan Membingungkan di Dunia


Naviri Magazine - Rambu lalu lintas dibuat dan dipasang dengan tujuan penting, yaitu memberikan informasi kepada para pengguna jalan raya mengenai arah jalan atau lokasi tertentu. Karena itu pula, rambu lalu lintas pun dibuat sejelas dan seterang mungkin, agar para pengguna jalan raya bisa langsung memahami dalam sekilas lihat.

Tetapi, sebuah rambu lalu lintas yang dipasang di sebuah ruas jalan provinsi Nova Scotia, Kanada, membuat bingung para pengguna jalan. Pasalnya, rambu tersebut diletakkan secara bertumpuk dengan rambu-rambu lainnya, sehingga tidak dapat dibaca dengan jelas.

Rambu tersebut terdapat di sebuah jalur panjang jalan provinsi Nova Scotia. Rambu tersebut dipasang di sebuah papan, yang sebelumnya digunakan sebagai papan reklame sebuah jaringan hotel.

Warga setempat khawatir, rambu yang kacau balau itu malah menciptakan kebingungan yang berujung kecelakaan lalu lintas.

Salah satu warga yang cemas adalah Beverly Burlock, warga Port Mouton, sebuah desa nelayan kecil yang berjarak sekitar 160 km dari Halifax, ibu kota provinsi Nova Scotia.

Beverly pertama kali melihat rambu itu akhir pekan lalu, di dekat pintu keluar jalan raya yang mengarah ke Port Mouton.

"Yang pertama kali ada dalam pikiran saya adalah: 'Ya Tuhan, apa yang akan dipikirkan para turis nanti?'" katanya.

Namun, hal yang lebih mengkhawatirkan Beverly adalah rambu itu tidak bisa dipahami, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Sebab, para pengemudi akan memperlambat laju kendaraan untuk membacanya, terutama karena rambu itu berada di tikungan "berbahaya" di Highway 103.

Ia pun mengambil foto rambu tersebut, yang lebih mirip sebuah teka-teki berbagai rute di Perancis dan Inggris, yang beberapa di antaranya diletakkan terbalik. Beverly lalu menyertakan foto hasil jepretannya dalam pengaduan ke departemen transportasi Nova Scotia.

Dalam aduannya, ia menyebut jika mobil-mobil tidak keluar dari jalan raya sesudah melihat rambu itu adalah sebuah mujizat. Dia juga mengirimkan foto-foto itu ke kantor pemerintah provinsi Nova Scotia dan anggota dewan perwakilan rakyat setempat.

Departemen transportasi kemudian mengatakan, rambu itu akan ditutup atau dicopot untuk menghilangkan potensi kebingungan para pengguna jalan.

Highway 103, yang membentang dari Halifax ke Yarmouth, ditetapkan sebagai jalur paling berbahaya di Kanada. Pemerintah provinsi Nova Scotia telah mengeluarkan kajian keselamatan di ruas jalan itu.

Related

World's Fact 44972163728293153

Recent

Hot in week

item