Kasus Medis yang Aneh: Sebuah Mainan Bersarang di Paru-paru Selama 40 Tahun


Naviri Magazine - Kalau punya anak kecil yang senang bermain dengan aneka mainan, sebaiknya perhatikan benar-benar. Jangan sampai mereka memasukkan mainan ke dalam mulutnya, karena bisa berbahaya. Selain tersedak atau semacamnya, mainan yang tertelan dan masuk ke tubuh bisa menimbulkan masalah jangka panjang. 

Contoh terkait hal ini adalah sebuah mainan berentuk kerucut lalu lintas mini yang ditemukan dalam paru-paru seorang pria. Mainan kecil yang dikira kanker itu sudah bersarang selama 40 tahun di dalam tubuhnya.

Awalnya, dan sebagaimana prediksinya, pria asal Inggris itu dianggap mengidap kanker. Laporan dari The Guardian tak menyebutkan siapa namanya, mungkin karena si pasien enggan merasa dipermalukan.

Dia mengeluh batuk lendir berwarna kekuningan, dan sudah merasa tak enak badan selama setahun. Ditambah dengan riwayat masa lalunya kecanduan rokok selama bertahun-tahun, semakin jelas pasti ada yang salah dengan paru-parunya.

Petugas medis lalu melakukan tes sinar-x, dan ada gumpalan di paru-paru pria berusia 47 tahun itu. Mereka sempat yakin itu tumor. Namun, hasil diagnosis lanjutan bronkoskopi justru menunjukkan kalau gumpalan tersebut ternyata sebuah mainan.

"Mainan kerucut lalu lintas yang telah lama hilang," kata dokter dari Royal Preston Hospital, dilansir The Guardian. "Dia akhirnya ingat, saat usia tujuh tahun pernah mendapat hadiah satu set mobil-mobilan lengkap dengan beragam lalu lintas."

Tapi kok bisa selama 40 tahun hidup dengan benda asing di paru-paru? 

"Dia menelan mainan itu pada usia masih sangat muda, sangat mungkin bagi tubuhnya untuk menyesuaikan diri dengan kehadiran benda asing di paru-paru," lanjut sang dokter.

Namun, seiring penuaan, tubuhnya kian melemah. Sampai kemudian, dia mulai merasakan sakit di area dada. Setelah mainan itu diangkat, dia merasa lega.

Related

World's Fact 8907758270819990315

Recent

item