Kentucky Fried Chicken dan Kisah Resep Paling Rahasia di Dunia


Naviri Magazine - Ada banyak rahasia di dunia ini, dan resep pembuatan ayam goreng KFC adalah salah satunya. Meski gerai Kentucky Fried Chicken bisa ditemukan di mana pun, karena memang ada di mana-mana di seluruh dunia, namun bisa dibilang tidak ada yang tahu resep pembuatannya—kecuali beberapa orang yang memang ditugasi menyimpan resep tersebut, sekaligus merahasiakannya.

Karena kerahasiaannya pula, banyak orang yang selama ini berusaha mencari tahu resep pembuatan ayam goreng tersebut. Meski, sejauh ini, tetap belum ada yang mampu mengungkapkannya. Jay Jones adalah salah satunya.

Jay Jones, penulis lepas yang jadi kontributor untuk Chicago Tribune, melancong ke Kentucky untuk mengunjungi Sanders Cafe yang kini jadi museum. Dia kemudian menemui Joe Ledington, 67, pensiunan guru yang merupakan keponakan Sanders. 

Sewaktu masih berusia belasan, Joe bekerja di Sanders Cafe sebagai pelayan dan tukang bersih-bersih. Tante Joe, yang bernama Claudia Ledington—adik ayah Joe—adalah istri kedua Sanders. 

Jay diajak ke rumah Joe. Di sana, Joe menunjukkan beberapa barang milik keluarga besarnya. Mulai foto Joe dan Sanders, hingga surat wasiat yang ditulis oleh Tante Claudia yang meninggal pada malam tahun baru 1996. Tante Claudia berumur 94 kala itu.

"Aku bisa menunjukkan apa yang didapat oleh anggota keluarga," kata Joe sembari menyerahkan lembar wasiat itu pada Jay.

Tapi Jay tidak tertarik dengan warisan. Dia malah penasaran dengan catatan pendek di belakang dokumen itu. Di bagian atas kertas, tertulis dengan tinta biru: 11 bumbu dan rempah—dicampur dengan 2 cangkir tepung. Resepnya adalah:

2/3 sendok makan garam
1/2 sendok makan thyme
1/2 sendok makan basil
1/3 sendok makan oregano
1 sendok makan celery salt
1 sendok makan lada hitam
1 sendok makan mustard kering
4 sendok makan paprika
2 sendok makan garlic salt
1 sendok makan jahe
3 sendok makan lada putih

Jay berpikir, apakah ini adalah Original Recipe yang tersohor itu? Joe mengangguk sembari bilang, ya ini memang resepnya. 

Jay deg-degan. Itu adalah resep yang paling dirahasiakan di seluruh dunia. Tapi belakangan, ketika ditelepon ulang oleh editor Chicago Tribune, Joe bilang dia tak yakin apakah itu resep asli milik Sanders. Joe juga bilang kalau itu bukan tulisan tangan Sanders. Tapi dia menambahkan kalau resepnya asli, sebab dia kerap membantu Sanders mengaduk bumbu dan rempah itu di atap rumahnya.

"Kunci utamanya adalah lada putih," kata Joe. "Aku menyebutnya bumbu kunci, karena pada tahun 50-an tak ada yang tahu apa itu lada putih. Tidak ada yang tahu bagaimana menggunakannya."

Untuk keperluan verifikasi, Jay mengirim surel pada KFC, lengkap dengan resep yang diberikan Joe. Jawaban KFC adalah:

"Pada 1940-an, Kolonel Sanders mengembangkan resep ayam gorengnya untuk restoran di pom bensin. Saat itu, resep ayam gorengnya ditulis di atas pintu sehingga semua orang bisa membaca. Tapi sekarang, kami melindungi resep rahasia itu. Pada dasarnya, resep ayam goreng Kolonel adalah resep rahasia yang paling berharga di Amerika."

"Anu, komentar iya atau tidak akan sangat membantu," balas Jay.

"Banyak orang telah mencoba meniru resep ini. Tapi tak ada yang menebak dengan benar."

Jay berkesimpulan, resep itu mungkin saja benar. Dia mencobanya bersama kawan-kawan dari Chicago Tribune. 

Tapi bisa jadi resep itu sudah berubah seiring berjalannya waktu. Apalagi sewaktu Sanders menjual KFC kepada para investor. Tentu tak ada yang tahu kalau resep itu bisa saja diubah. Apalagi saat ini KFC bersinonim dengan resto cepat saji. Semua harus cepat, termasuk cara membuat adonan dan memasak. Kini semua diolah menggunakan mesin untuk efisiensi. Menurut Joe, memang ada banyak yang berubah. Terutama soal cara memasak. 

"Menurutku, ayam goreng KFC yang asli lebih baik mutunya, karena lapisan tepungnya lebih tebal," kata Joe. "Ayamnya dipupuri tepung satu per satu dan digoreng dalam panci presto. Kamu masak hingga ayamnya jadi kecokelatan. Kemudian kamu pasang tekanan ke angka 12 pound selama 10 menit. Saat kamu melepas tekanannya, maka hasilnya sempurna: ayam goreng yang cokelat keemasan dan bisa lepas dari tulangnya."

Related

Food 2201452629638852025

Recent

item