Kisah 4 Foto Selfie Paling Terkenal Sebelum Ada Smartphone


Naviri Magazine - Selfie atau aktivitas memotret diri sendiri mulai menjadi gaya hidup yang dilakukan banyak orang, setelah adanya kamera yang dilengkapi ponsel. Karenanya, aktivitas selfie juga mulai marak setelah adanya smartphone. Tetapi, ternyata, jauh-jauh hari sebelum ada smartphone, sudah ada orang-orang yang melakukan selfie dengan cara mereka sendiri.

Selfie atau swafoto, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan sebagai potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera digital, biasanya untuk diunggah ke media sosial.

Kata selfie juga secara resmi baru masuk dalam Oxford English Dictionary pada November 2013. 

Tapi, jika makna selfie boleh lebih diperluas, bukan hanya menggunakan telepon pintar (boleh juga lewat foto biasa atau lukisan), ternyata sudah ada empat pria di masa lalu yang memotret atau mengambil gambar diri. 

Tentunya, sebagaimana dikutip dari Time, mereka melakukannya tanpa bantuan 'kamera depan'. Berikut ini empat orang yang dianggap melakukan selfie terbaik sebelum adanya smartphone.

1. Diego Velazquez

Berabad-abad sebelum gaya memfoto cermin jadi viral di media sosial, Velaquez sudah memelopori idenya lewat lukisan berjudul Las Meninas pada tahun 1656. Dia melukis tentang keluarga kerajaan Spanyol, serta menyisipkan dirinya di paling belakang, seakan-akan dia muncul dalam pantulan cermin.

2. Rembrandt van Rijn

Beberapa tahun setelah Velazquez memasukkan dirinya ke dalam lukisan, giliran Rembrandt mengikuti jejaknya. Pelukis asal Belanda ini bahkan dikenal sebagai Self-Portrait with Two Circles, karena saking banyaknya lukisan yang dia buat tentang dirinya selama dua dekade.

3. Robert Cornelius

Jika dua seniman tadi masih lewat media lukisan, maka Cornelius sudah benar-benar berswafoto, dan jadi yang pertama melakukannya. Fotografer asal Philadelphia, Amerika Serikat, itu memotret dirinya di belakang toko lampu gantung milik keluarganya, pada tahun 1839.

4. Buzz Aldrin

Hingga kini, mungkin inilah selfie terbaik dalam sejarah manusia. Bukan di atas puncak gedung atau gunung yang sudah terlalu banal belakangan ini, dia pelopor selfie di luar angkasa, saat misi Gemini 12 pada tahun 1996.

Related

History 5140164669414303929

Recent

item