Kisah Para Pilot dengan Keahlian Paling Menakjubkan di Dunia


Naviri Magazine - Mengendalikan pesawat yang terbang di udara tentu jauh berbeda dengan mengendarai mobil yang berjalan di darat. Ketika mobil mengalami masalah, misalnya, si pengendara bisa turun dari mobil untuk memeriksa apa masalah yang terjadi, lalu membereskannya dengan mudah. Misal ban yang bocor bisa diganti dengan ban cadangan. 

Tapi hal mudah semacam itu tentu tidak terjadi pada pesawat terbang. Ketika sedang melaju di angkasa dan menghadapi masalah tertentu, pilot tidak bisa serta merta menghentikan pesawat untuk mengetahui apa masalahnya. 

Karena itulah, pilot dituntut memiliki kemampuan di atas rata-rata, khususnya dalam hal pengendalian pesawat. Terkait hal itu, berikut ini adalah kisah 7 pilot yang memiliki keahlian menakjubkan.

1. Brian Bews

Kapten Brian Bews adalah pilot yang berhasil menyelamatkan diri kurang dari 1 detik, sebelum kecelakaan terjadi. Hebatnya, dia masih hidup dalam kecelakaan pesawat tempur tersebut. Pilot terampil ini berhasil selamat dari jet tempur CF-18 dalam penerbangan latihan.

Praktik terbang berlangsung di Bandar Udara Lethbridge County, dan dalam persiapan untuk Airshow akhir pekan di Lethbridge, Alberta, Kanada. Tidak ada rincian mengapa jet tempur mengalami masalah. Yang jelas, setelah itu Kapten Bews dibawa ke rumah sakit untuk perawatan cedera.

2. Jessica Cox 

Jessica Cox lahir dengan tidak memiliki tangan. Tak satu pun dari tes kehamilan ibunya menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan dirinya. Namun, ia lahir dengan penyakit bawaan langka, tapi juga dengan semangat besar. Lulusan psikologi ini bisa menulis, mengetik, mengendarai mobil, menyisir rambut, dan berbicara di telepon, hanya dengan menggunakan kakinya. 

Jessica Cox, dari Tucson, Arizona, Amerika Serikat, ini juga merupakan mantan penari dan bersabuk hitam ganda Tai Kwon-Do. Dia memiliki unlimited SIM, menerbangkan pesawat, dan dapat mengetik 25 kata per menit. 

Pesawat terbang yang ia kendalikan bernama Ercoupe, dan merupakan salah satu dari beberapa pesawat yang dibuat dan disertifikasi tanpa pedal. Tanpa pedal kemudi, Jessica bebas menggunakan kakinya sebagai tangan. Butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan lisensi pesawat ringannya. 

Dia memiliki tiga instruktur terbang dan berlatih 89 jam terbang, menjadi pilot pertama tanpa lengan.

3. Ian Fortune 

Ian Fortune adalah pilot yang berhasil mengendalikan helikopter dan mendarat selamat dengan 20 orang awak helikopter, walau pilot ini tertembak di wajahnya.

Ian Fortune adalah pilot militer Inggris. Ia berhasil mendaratkan dua puluh penumpang ke tanah, meski terkena peluru di antara matanya. Penerbangan Letnan Ian Fortune adalah mengangkut yang luka dari pertempuran antara pasukan Amerika dan Taliban di Provinsi Helmand, Afghanistan. Ketika lepas landas dengan beban penuh korban, peluru memantul melalui helikopter dan mengenai Fortune di wajah. 

Peluru itu kemudian memukul stabilisasi sistem otomatis helikopter, mematikan panel, sehingga helikopter sangat sulit diterbangkan. Walaupun darah mengalir ke matanya, Fortune berjuang dengan kontrol selama delapan menit, dan berhasil mendaratkan korban kembali ke Camp Bastion. Presenter televisi Mike Brewer berada di helikopter saat kejadian berlangsung, dan dia merekam saat-saat dramatis itu. 

4. Frank Vogt 

Frank Vogt adalah pilot Cessna yang kehabisan bahan bakar di ketinggian 1.200 kaki, dan terpaksa mendaratkan pesawatnya di jalan tol. Dalam kegelapan dini hari, daratan tampak seperti kegelapan yang hitam, kecuali jalan tol. "Saya tahu itu cukup luas, dan cukup lurus. Tidak ada kabel, dan saya tidak melihat banyak kendaraan," kata Vogt, menceritakan saat-saat itu. 

Dia beralasan, karena lalu lintas masih sepi, akan ada ruang yang cukup di antara mobil sehingga mereka dapat memperlambat dan membiarkan dia melaksanakan rencananya. Dia akhirnya berhasil mendaratakan Cessna ke sisi jalan, walaupun akhirnya lalu lintas diblokir kepolisian setempat yang mengetahui peristiwa itu.

5. Evant Graham 

Evant Graham adalah pilot yang menerbangkan lima jenis pesawat berbeda, pada usia 16 tahun.

Evan Graham merayakan ulang tahun ke-16 dengan terbang sendirian menggunakan lima pesawat yang berbeda: WWII vintage L-4 Piper Cub taildrager, R-22 Robinson helikopter, pesawat Cessna 150 Aerobat, sebuah Robinson 44 Raven II, dan 1965 Cessna 150. Dia masuk rekor dunia untuk pilot solo termuda yang menerbangkan lima pesawat yang berbeda.

6. James Terry 

James Terry dikenal sebagai pilot hebat yang bisa memperbaiki pesawat dari luar saat masih terbang.

Salah satu kesulitan dari perjalanan udara adalah kemustahilan membuat perbaikan di luar kokpit, sementara pesawat masih dalam penerbangan. Terutama ketika masalah berpusat di sekitar ekor pesawat. James Terry, pilot asal Miami, Florida, mampu mengatasi hal itu, dengan memperbaiki pesawat saat masih terbang! 

7. Doug White 

Doug White adalah penumpang pesawat yang berhasil mendaratkan pesawat, setelah pilot meninggal dalam penerbangan.

Ketika pilot pesawat bermesin ganda Beech pingsan dan meninggal di tengah penerbangan, Doug White dari Archibald, Louisiana, mengambil alih pesawat dan mendaratkannya dengan aman. Waktu itu, Doug White naik pesawat bersama istri dan dua putrinya, saat ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan pilotnya. 

“Pesawat itu berada di ketinggian sekitar 5.000 kaki dan terus naik,” ujar White menjelaskan. Meskipun ia juga pilot bersertifikat dan memiliki sekitar 130 jam terbang, ia tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat yang jauh lebih besar dengan dua mesin turbo. Dia mengatakan kepada putrinya, “Kalian kembali ke sana, dan aku ingin kalian berdoa." 

Meskipun White terdengar cukup tenang, ketegangan jelas terdengar pada rekaman yang dikeluarkan oleh Federal Aviation Administration sebagai pengendali di Fort Myers, Florida. Mereka mencoba berbicara padanya Doug White, bertanya apakah autopilot masih ada, atau apakah White menerbangkan pesawat sendiri. 

"Aku dan Tuhan yang baik telah menerbangkannya," jawab White. Penyebab kematian pilot tidak dirilis. Federal Aviation Administration tidak diberi izin dari pengawas lalu lintas udara yang terlibat untuk berbicara tentang insiden itu.

Related

World's Fact 1296837513574739193

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item