Kisah Penemuan Jepit Rambut Tertua di Dunia, dari Tahun 2300 SM


Naviri Magazine - Sejak kapan jepit rambut dikenal di dunia? Pertanyaan itu terjawab dengan adanya penemuan demi penemuan yang dilakukan oleh ahli arkeologi. Belakangan, terungkap bahwa jepit rambut telah dikenal manusia sejak Zaman Tembaga. Kenyataan itu dibuktikan oleh penemuan jepit rambut yang diperkirakan sebagai jepit rambut tertua di dunia.

Sekelompok anak sekolah menemukan perhiasan rambut berlapis emas yang diperkirakan berusia 4.000 tahun, ketika melakukan penggalian di Northumberland, Inggris.

Anak-anak dari Sekolah Dasar Alston di Cumbria, Inggris, tersebut mengambil bagian dalam sebuah penggalian di Kirkhaugh, ketika mereka melihat kilatan emas dari dalam tanah. Benda yang ditemukan di sebuah gundukan itu diyakini sebagai jepitan rambut dari abad 2.300 SM.

Salah seorang anak laki-laki, Joseph Bell, tujuh tahun, mengatakan ketika ia melihat emas di dalam tanah, dia mulai "menari dengan sukacita".

Luar biasa

Perhiasan, yang memiliki panjang sekitar 33 mm itu berasal dari Zaman Tembaga, ditemukan bersama tiga mata panah batu api. Diperkirakan, benda tersebut dipakai seorang pekerja tambang yang melakukan perjalanan ke Inggris untuk keperluan mencari emas dan tembaga.

Luca Alderson, delapan tahun, mengatakan, "Ketika saya pertama kali melihatnya, saya merasa senang, tapi saya pikir itu plastik. Ketika saya menemukan bahwa itu emas, saya sangat senang."

Temuan ini akan dicocokkan dengan salah satu benda yang ditemukan di Kirkhaugh selama penggalian pada tahun 1935 yang dipimpin oleh Herbert Maryon. Penggalian tersebut diatur oleh Pennines North Area of Outstanding Natural Beauty sebagai bagian dari proyek arkeologi.

Paul Frodsham, yang memimpin proyek itu, mengatakan, "Semua situs arkeologi itu penting, tapi yang ini luar biasa. Hal ini dapat dianggap sebagai penanda awal dari eksploitasi mineral di Pennines Utara, yang mengarah pada waktu eksploitasi timah dan perak zaman Romawi.”

Setelah dianalisa oleh para ahli, diharapkan jepit rambut ini akan disatukan dengan benda yang ditemukan pada tahun 1935, yang bertempat di Museum Great North di Newcastle.

Related

Science 5170738998611770339

Recent

item