Kisah Rohana, Gadis Keturunan RI yang Ditinggal Ibu di Malaysia Saat Bayi


Rohana Abdullah, gadis 22 tahun keturunan Indonesia di Malaysia, kini tak lagi harus mengkhawatirkan status kewarganegaraannya. Setelah ditinggal ibunya ketika masih bayi, kini ia dipastikan bisa mendapatkan kewarganegaraan Malaysia.

Kepastian ini datang langsung dari Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob. Melalui Instagram, Ismail memastikan bahwa ia akan membantu Rohana mendapatkan kartu identitas kewarganegaraan Malaysia.

Ismail mengetahui keberadaan Rohana setelah kisah gadis itu viral di jagat maya Malaysia. Rohana Abdullah bercerita bahwa ia ditinggal oleh ibunya sejak bayi.

Sejak berusia dua bulan, Rohana pun dirawat oleh perempuan keturunan Tionghoa, Chee Hoi Lan. Chee merupakan guru TK di sekolah tempat ibu kandung Rohana bekerja sebagai petugas kebersihan.

Selama dirawat oleh Chee, Rohana mendapatkan kasih sayang yang melimpah serta pendidikan yang layak. Ia juga mendapatkan pendidikan agama Islam meski berbeda keyakinan dengan ibu angkatnya.

"Saya mencintainya seperti anakku sendiri. Sejak [dia] kecil, saya memastikan dia makan makanan halal dan menjalankan ibadah sebagai seorang Muslim hingga hari ini," ujar Chee, kepada Harian Metro Malaysia.

Ia kemudian berkata, "Sebelum saya mati, saya ingin melihatnya menikah, bekerja, dan bahagia."

Namun, aral sempat melintang menghalangi studi Rohana. Kantor berita Bernama melaporkan bahwa Rohana sempat dipaksa keluar sekolah karena tak punya dokumen identitas. Ia pun mengalami gangguan kecemasan akibat masalah itu.

Kisah Rohana ini sampai ke telinga Ismail. Dalam unggahannya di Instagram, ia lantas memastikan akan membantu Rohana mendapatkan status kewarganegaraan dan kartu identitas.

"Insya Allah demi masa depan Rohana, saya akan bantu beliau mendapatkan identitas kewarganegaraan dan kartu tanda pengenal," ujar Ismail dalam unggahan di akun Instagram resminya.

Ismail juga mengucapkan terima kasih kepada Chee karena telah menjaga Rohana selama ini.

"Buat Chee Hoi Lan, terima kasih. Salam hormat juga dari saya karena menjaga Rohana, dengan penuh kasih sayang tanpa batas," tuturnya.

"Hari senin nanti saya akan hubungi Pejabat Pendaftaran. Setelah itu kalau ada apa-apa nanti pegawai saya akan menghubungi kamu," ujar Ismail dalam video yang menunjukkan perbincangannya dengan Rohana melalui telepon, yang diunggah ke Instagram.

Related

News 7914735105982066961

Recent

item