Kisah Terungkapnya Misteri Mumi Berusia 2000 Tahun di Mesir


Naviri Magazine - Teknologi canggih di zaman modern tampaknya bisa melakukan banyak hal, termasuk mengungkap misteri kehidupan sesosok mumi misterius dari Mesir, yang hidup pada 2000 tahun lalu. 

Dengan menggabungkan teknologi scanning, printing, forensik, dan berbagai kemampuan modern lain, wanita misterius yang hidup 2000 tahun lalu dibawa kembali ke kehidupan oleh tim ilmuwan dan seniman Australia.

Dengan CT Scanning, 3-D printing, dan teknik forensik lainnya, seluruh tim akhirnya mengetahui kapan wanita tersebut hidup, dimana ia tinggal, dan apa yang ia makan serta mengapa ia meninggal.

Pertanyaan atas sejarah hidup wanita itu datang ketika Ryan Jefferies, kurator Harry Brookes Allen Museum of Anatomy and Pathology di University of Melbourne, mulau khawatir dengan jasad mumi mungkin akan membusuk di dalam. Meskipun jasad tersebut berada dalam kontainer yang aman, kepala dan wajah itu tersembunyi dibalik perban yang lusuh akibat minyak dan cairan balsam.

Dengan CT Scan, tengkorak tersebut ternyata dalam keadaan baik. Namun kemudian Jefferies sadar bahwa teknologi akan mampu mengungkapkan lebih banyak hal lain dari yang ada saat ini.

“CT scan membuka semua pertanyaan, dan kami sadar itu adalah sebuah forensik hebat, dan kesempatan pembelajaran dalam kolaborasi penelitian,” ujarnya. Jefferies kemudian bekerja sama dengan ahli lainnya untuk menginvestigasi masa lalu mumi, ketika gender dan ceritanya melengkapi misteri.

Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa mumi tersebut merupakan seorang perempuan. Hal itu dilihat dari struktur tulang yang tergambar dalam CT scan. Wanita itu bernama Meritamun, yang artinya kesayangan dewa Amun. Analisis juga mengindikasikan Meritamun hidup di Mesir, dengan tinggi lima kaki empat inci, dan meninggal di antara usia 18 hingga 25 tahun.

Diketahui, Meritamun memiliki dua gigi yang terkikis. Ia banyak mengonsumsi gula. Namun bisa juga hal tersebut disebabkan konsumsi madu. Selain itu, perempuan itu diketahui memiliki penyakit anemia, serta terdapat bukti parasit malaria yang pernah ada di tubuhnya. Penelitian ini membuka titik terang bagi cerita wanita misterius tersebut.

Related

Science 7879763772589057206

Recent

item