Mengapa Bintang di Langit Tampak Berkedip?


Naviri Magazine - Di malam hari, saat kita melihat ke langit, ada banyak bintang yang terhampar di kegelapan langit. Yang menakjubkan, bintang-bintang itu tampak berkedip. 

Sebenarnya, bintang di langit tidak berkedip. Fenomena kedip bintang tak jauh beda dengan sebutir koin di dasar kolam renang. Jika kita lemparkan koin ke kolam renang hingga koin itu menyentuh dasar kolam, koin akan tampak bergelombang. Hal itu terjadi karena air di kolam membelokkan cahaya yang dipantulkan dari koin.

Hal yang sama terjadi ketika kita melihat bintang. Bintang-bintang yang bersinar memiliki cahaya yang harus melalui beberapa mil dari atmosfer Bumi sebelum sampai ke mata kita. 

Hal itu seolah-olah kita melihat langit dari dasar kolam renang. Atmosfer Bumi mengalami pergolakan dengan angin yang berhembus, dan pusaran yang terbentuk berputar serta menyebar sepanjang waktu. 

Aktivitas ini bertindak seperti lensa prisma yang membelokkan cahaya bintang dari satu sisi ke sisi lainnya dalam hitungan per detik. Untuk benda-benda yang terlihat besar seperti Bulan, rata-rata pembelokan cahayanya keluar dan menyebar sehingga terlihat tak berkedip. 

Tetapi bintang terletak lebih jauh dan sumber cahayanya berupa titik, sehingga saat masuk dalam atmosfer langsung dibelokkan dengan intensitas yang cepat dan menyebabkan bintang tampak berkedip. 

Planet seperti Mars, Venus, dan Jupiter, jika dilihat dari Bumi tampak seperti bintang terang, sebab letaknya lebih dekat dengan Bumi sehingga cahayanya tidak terbelokkan. Namun terkadang terjadi pula kerlap-kerlip yang bervariasi dalam jumlah cahaya yang berasal dari planet ini.

Related

Science 4569557953179144572

Recent

item