Mengenal Orang-orang di Balik Produksi Film, dari Sutradara sampai Editor


Naviri Magazine - Sebuah film dibuat oleh hasil kerja sama banyak pihak, dari pihak produser yang membiayai, sampai pihak distributor yang memasarkan film tersebut hingga sampai ke bioskop-bioskop di banyak daerah. 

Selain itu, pembuatan film tidak hanya melibatkan aktor dan aktris yang kita saksikan di layar, tapi juga orang-orang lain yang tak terlihat. Berikut ini di antaranya.

Penulis naskah 

Orang yang membuat cerita dan naskah film, sangat dibutuhkan kreativitas yang amat tinggi untuk membuat karya orisinal.

Sutradara

Orang yang mengatur jalannya pembuatan film (artis, jalan cerita, kamera person, make-up, pengambilan gambar, dan lain sebagainya).

Artis dan aktor

Artis dan aktor biasanya dipilih oleh sutradara, dengan pertimbangan (biasanya diadakan kasting terlebih dulu untuk mengetahui pantas tidaknya ikut andil dalam film yang sedang dibuat, juga menentukan peran yang didapat).

Kameraman

Orang yang mengambil gambar pada saat syuting.

Make-up artist

Orang yang mendandani artis dan (seharusnya) berkoordinasi dengan kameraman (dan sutradara tentunya), untuk mengecek artis yang sudah ditata rias, apakah sudah tampak menarik di kamera dan cocok dandanannya dengan jalan cerita.

Lighting

Orang yang biasanya bertugas memaksimalkan cahaya pada saat pengambilan gambar.

Video editor

Orang yang mengedit video hasil rekaman. Dalam proses editing, pengaturan tata suara seperti musik SFx (Sound Effect) dan BGM (BackGround Music) dilakukan.

Related

Entertaintment 956806447491384327

Recent

item