Mengenal Oseanografi, Ilmu yang Mempelajari Laut dan Samudra


Naviri Magazine - Oseanografi adalah cabang ilmu Bumi yang mempelajari segala aspek samudera dan lautan. Istilah “oseanografi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “oceanos”, yang berarti “laut”, dan “graphos”, yang berarti “gambaran atau deskripsi”. 

Oseanografi juga disebut oseanologi, atau ilmu kelautan. Secara sederhana, oseanografi dapat diartikan sebagai gambaran atau deskripsi tentang laut. 

Dalam bahasa lain yang lebih lengkap, oseanografi dapat diartikan sebagai studi dan penjelajahan (eksplorasi) ilmiah mengenai laut dan segala fenomenanya. Laut adalah bagian hidrosfer. 

Seperti kita tahu, Bumi terdiri dari bagian padat yang disebut litosfer, bagian cair yang disebut hidrosfer, dan bagian gas yang disebut atmosfer. Sementara itu, bagian yang berkaitan dengan sistem ekologi seluruh makhluk hidup penghuni planet Bumi dikelompokkan ke dalam biosfer.

Ilmu oceanografi dapat dibagi menjadi beberapa cabang, yaitu biologi laut atau oceanografi biologi, yang mempelajari tumbuhan, hewan, mikroba (biota) samudera dan interaksi ekologi mereka; oceanografi kimia atau kimia laut, yang mempelajari kimia samudera dan interaksi kimianya dengan atmosfer; geologi laut atau oceanografi geologi, yang mempelajari geologi dasar laut termasuk tektonik lempeng; dan oceanografi fisika, yang mempelajari ciri fisik samudera, termasuk struktur suhu-salinitas, pencampuran, ombak, pasang, dan arus.

Selain itu, oseanografi juga berhubungan dengan rekayasa laut, mencakup desain dan pembangunan anjungan minyak, kapal, pelabuhan, dan struktur lainnya, sehingga memungkinkan kita menggunakan samudera dengan bijaksana.

Related

Science 7572276332759214275

Recent

item