Mengenal Zoroastrianisme, Agama Tertua dan Monoteisme Pertama di Dunia


Zoroastrianisme adalah sebuah agama tua yang mempunyai banyak pengaruh dalam peradaban umat manusia di kemudian hari. Pendiri agama ini adalah seorang Persia (sekarang Iran) bernama Zaratustra. 

Dalam sejarah agama dunia, Zoroastrianisme kemungkinan besar adalah agama monoteis pertama di dunia. Zoroastrianisme pernah menjadi agama resmi kerajaan Persia. 

Zarathustra dikenal mempunyai karunia untuk menyembuhkan dan melakukan berbagai mujizat. Zarathustra berusaha memperbaiki sistem kepercayaan dan cara penyembahan kepada dewa-dewa yang berkembang di Persia. 

Pada umur 30 tahun, Zarathustra mendapatkan sebuah penglihatan. Menurut legenda, ia melihat cahaya besar yang kemudian membawanya masuk dalam hadirat Ahura Mazda, Sang Terang. Sejak perjumpaannya itu Zarathustra jadi semakin giat menyebarkan ajaran yang mengajarkan bahwa segala sesuatu yang baik berasal dari Ahura Mazda.

Dasar ajaran Zarathustra adalah monotheisme, yaitu menyembah hanya satu Tuhan, Ahura Mazda. Angra Mainyu, yang merupakan Sang Kegelapan dan lawan dari Ahura Mazda, adalah pengingkaran Tuhan. 

Ajaran Zarthustra juga membenarkan adanya makhluk-makhluk suci yang bersifat pengasih yang membantu perjuangannya. Akan tetapi setelah Zarathustra meninggal, kepercayaan kepada makhluk-makhluk suci tersebut diubah menjadi konsepsi kedewataan yang dihubungkan dengan penciptaan alam, yang terdiri dari enam tingkat penciptaan benda-benda alam, yaitu:

Asha Vahista sebagai dewa tata tertib dan kebenaran yang indah dan sering digambarkan sebagai dewa yang menguasai api.

Vohu Manah sebagai dewa hati nurani baik (God mind) dan sering digambarkan sebagai sapi jantan.

Keshatra Vairya sebagai dewa pencinta dan penguasa segala logam.

Spenta Armaity sebagai dewa ibadah yang penuh kasih dan penguasa bumi dan tanah.

Haurvatat adalah kebulatan dan kekuasaan serta penguasa air dan tumbuh-tumbuhan.

Amertat, sama seperti Haurvatat, sebagai dewa kebulatan dan kekuasaan serta penguasa air dan tumbuh-tumbuhan.

Segala bentuk ajarannya dituangkan dalam sebuah kitab yang disebut Gathas dan Avesta.

Related

History 366979664575672519

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item