Mengenali Gejala Stroke, agar Terhindar dari Risiko Kematian


Naviri Magazine - Apa yang terlintas dalam benak kita, ketika mendengar istilah “stroke”? Kemungkinan, sebagian besar kita akan berpikir bahwa masalah stroke adalah masalah yang hanya menimpa orang-orang lanjut usia, sehingga yang masih muda tidak perlu khawatir. Sayangnya, anggapan itu keliru. Stroke tidak memandang usia, karena yang masih muda pun bisa kena.

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang berisiko mengancam nyawa. Sebelum penyakit ini menyerang kita atau kerabat terdekat, ada baiknya kita mengenali gejalanya agar dapat terhindar dari risiko kematian.

Menurut dr. Alsyahrin Manggala Putra Syarif, Kepala Emergency RS Siloam Buton, Sulawesi Tenggara, ketika seseorang menunjukkan gejala awal Transient Ischaemic Attack (TIA) atau stroke ringan, sebaiknya segera mendapat perawatan untuk menghindari risiko cacat hingga kematian.

Stroke ringan biasanya ditandai dengan senyum mencong, gerakan kaki dan tangan lemah atau lumpuh, suara pelo (cadel) atau kesulitan berbicara, rasa kebas atau lemas seisi tubuh dan sekitar mulut, penglihatan ganda tiba-tiba pada sebelah mata, keseimbangan terganggu, kesadaran menurun, muntah, dan sakit kepala.

"Nah, apabila terdapat gejala tersebut dan sudah terakumulasi, kami harap agar anggota keluarga segera menghubungi layanan call centre kami, karena setiap detik sangat berharga untuk saraf," ujar Alsyahrin.

Dokter Spesialis Saraf Siloam Hospital Buton, dr La Ode Muh Fatahillah, menambahkan, penyakit stroke sebenarnya tidak hanya menyerang usia lanjut. Mereka yang usianya masih muda, dan memiliki pola hidup tidak sehat, juga rentan mengidap penyakit ini.

Gaya hidup tidak sehat dan tidak teratur yang dimaksud Fatahillah antara lain kebiasaan merokok, begadang, minum minuman alkohol, dan tidak pernah berolahraga.

"Pencegahan penyakit (stroke) dapat dilakukan dengan (menjalani) pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, kurangi konsumsi daging merah, rutin mengecek tekanan darah, gula darah, dan asam urat," jelasnya.

Untuk menghindari serangan stroke, sebaiknya selalu rutin menjaga hidup sehat dengan sering berolahraga, dan melakukan medical check up ke rumah sakit atau puskesmas. 

Related

Health 6499935283991821209

Recent

item