Mengenali Tanda-Gejala Kanker Paru-paru, dan Apa yang Harus Dilakukan


Kanker paru-paru sering menyebar lebih cepat dibandingkan bentuk kanker lainnya. Sel kanker menyebar melalui darah ke paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Artinya, jenis kanker ini sering kali baru terdeteksi setelah menyebar.

Setiap tahun, hampir 40 ribu orang didiagnosis menderita kanker paru-paru di Inggris, dengan sebagian besar yang didiagnosis berusia lebih dari 60 tahun atau perokok. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh asap rokok, radiasi, dan zat-zat seperti asbes, kromium, dan senyawa nikel.

Bentuk paling umum dari kanker paru-paru terjadi di saluran udara yang menuju ke paru-paru, dan ini sering menyebabkan gejala seperti sesak napas, mengi, dan batuk terus-menerus dengan darah atau dahak. 

Sangat sering dari gejala ini mungkin disebabkan oleh kondisi lain juga. Menjaga kesehatan fisik Anda secara umum dan menghindari faktor risiko adalah langkah pertama dalam mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Dilansir di laman Mirror, jika tumor terletak di bagian atas paru-paru dapat membuat tekanan pada saraf dan pembuluh darah masuk ke lengan. Ini kemudian dapat muncul sebagai rasa sakit dan kelemahan pada anggota badan. Sering kali, rasa kesemutan yang terus-menerus menyertai kelemahan ini.

Tanda lain yang terjadi pada kanker paru stadium awal adalah jari-jari clubbing, di mana ujung jari bengkak karena kekurangan oksigen. Selain menyebabkan nyeri atau kelemahan pada lengan, bahu, dan terkadang dada, dalam beberapa kasus, tumor dapat menekan aliran darah ke kepala, yang mengakibatkan pembengkakan di sekitar wajah juga.

Apa saja tanda dan gejala lain dari kanker paru-paru? 

Gejala kanker paru-paru yang paling umum adalah batuk yang tidak hilang setelah dua atau tiga pekan, batuk lama yang semakin parah, infeksi dada yang terus datang kembali, batuk darah, sakit atau nyeri saat bernapas atau batuk, sesak napas terus-menerus, kelelahan terus-menerus atau kekurangan energi, dan kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Tumor mungkin juga melepaskan sejumlah besar hormon yang menyebabkan gejala lebih jauh di dalam tubuh. Mirip dengan bentuk kanker lainnya, mereka yang menderita kanker paru-paru mungkin mengalami kelelahan dan juga penurunan berat badan.

Cukup sering kanker paru-paru dapat hadir dengan infeksi paru-paru. Jadi, jika telah menderita infeksi paru-paru jangka panjang yang tidak merespons antibiotik atau perawatan lain, konsultasikan dengan dokter umum Anda dan selidiki kanker paru-paru.

Bagaimana cara mendiagnosis dan mengobati kanker paru-paru? 

Jika yakin Anda menunjukkan tanda-tanda kanker paru-paru, dokter Anda dapat mengatur agar Anda menjalani rontgen dada. Ini adalah tes awal yang dapat mengidentifikasi struktur abnormal di paru-paru yang mengindikasikan kanker, tetapi tidak memastikan diagnosis positif dari penyakit tersebut.

Biasanya setelah ini, CT scan yang menghasilkan gambar tiga dimensi paru-paru serta biopsi dari kelenjar getah bening untuk mengidentifikasi apakah Anda menderita kanker paru-paru, dan selanjutnya apakah kanker telah menyebar keluar dari paru.

Dokter Anda akan memutuskan pengobatan hanya setelah tes ini. Akan lebih baik jika penyakitnya diidentifikasi lebih awal, karena akan ada lebih banyak pilihan dengan potensi untuk menyembuhkannya.

Kanker paru-paru stadium lanjut mungkin sulit disembuhkan, tetapi proses perawatan masih dapat memperlambat perkembangan penyakit, dan mengurangi beberapa gejala yang lebih menyakitkan. Jika khawatir tentang kanker paru-paru, Anda harus menemui dokter.

Related

Health 1456964338607554115

Recent

item