Misteri Munculnya Binatang Purba dari Dasar Laut Portugal


Naviri Magazine - Ada banyak hewan raksasa yang pernah hidup di bumi sekian juta tahun lalu. Yang terkenal tentu kawanan dinosaurus, yang sosoknya berkali-kali difilmkan. Namun, dinosaurus dan kawanannya hidup di darat. Ketika perubahan drastis terjadi di muka bumi, mereka pun punah semuanya.

Karenanya, binatang-binatang purba, khususnya yang hidup di darat, sudah dinyatakan punah oleh para ilmuwan. Terbukti, binatang-binatang itu juga tidak pernah terlihat lagi. Tapi bagaimana dengan binatang purba yang mungkin hidup di dasar laut?

Dilansir The Independent, lebih dari 90% perairan di dunia masih belum tereksplorasi. Itu berarti masih banyak makhluk misterius yang juga belum kita ketahui di dalam sana.

Karenanya, kemunculan mahluk purba di lepas pantai Algarve, Portugal, sontak membuat para ilmuwan terkejut. Hewan tersebut diidentifikasi sebagai paus pada era dinosaurus, yang seharusnya hidup 80 juta tahun lalu.

Profesor Margarida Castro, dari Universitas Algarve, mengatakan makhluk itu punya 300 gigi, "Yang memungkinkannya menangkap cumi-cumi, ikan, atau jenis hiu lain, dalam serangan tiba-tiba."

Sementara hewan pada masanya, seperti tyrannosaurus rex dan triceratops, telah mati sejak lama, jenis hiu ini sanggup hidup (dan mungkin berkembang biak) di kedalaman laut minimal 700 meter.

Masih belum diketahui bagaimana cara makhluk itu dapat bertahan dari kepunahan.

Related

Science 6026384081292260627

Recent

item